Siap Hadapi Bencana PMI Banyumas Adakan Pelatihan Dapur Umum

KBRN, Purwokerto: Madapi bencana yang tak bisa di prediksi kapan datangnya, PMI Kabupaten Banyumas mengadakan lelatihan spesialisasi dapur umum selama 1 Minggu, 20 sampai 26 Juni 2021.

Irsyam Prihadi Pengurus PMI Kabupaten Banyumas mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas relawan sekaligus  kesiapsiagaan PMI dalam menghadapi bencana yang setiap saat bisa terjadi.

"Berkaca dari pengalaman tahun lalu PMI Kabupaten Banyumas saat memberikan layanan fapur umum di wilayah Kemranjen, untuk itu saat ini kita persiapkan tim dapur Umum  untuk menghadapi bencana yang bisa datang kapan saja," katanya.

Hasil dari kegiatan pelatihan ini didistribusikan untuk lokasi karantina masyarakat Kelurahan Rejasari yang sedang terpapar Covid-19.

Darno salah seorang peserta pelatihan mengaku  senang bisa mengikuti kegiatan semacam ini, meski dalam keadaan pandemi, namun kegiatan ini tidak pernah meninggalkan protokol kesehatan.

"Harapan saya kegiatan ini selain untuk meningkatkan kapasitas kami di bidang Dapur Umum juga dapat di adakan praktek-praktek memasak secara rutin agar ilmu yang kita dapatkan tidak tumpul seperti pisau yang tidak pernah diasah," katanya

Sementara itu, Ariono Kepala Markas PMI Kabupaten mengatakan dari 30 peserta pelatihan 24 orang dinyatakan lulus dan 1 orang lulus dengan syarat, sedangkan 5 orang lainnya gagal karena mengundurkan diri dari pelatihan.

Diharapkan peserta yang telah lulus dari pelatihan ini nantinya dapat dan siap ditugaskan apa bila terjadi bencana dan PMI menerjunkan relawannya khususnya apabila diperlukannya Dapur Umum. 

Selan itu, pelatihan ini sebagai momentum pembentukan tim.

"Kami juga akan terus melibatkan tim ini dalam mendukung layanan konsumsi yang dilaksanakan PMI sehingga kemampuan mereka terus terasah, " pungkasnya.(spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00