13 Warga Taiwan Dideportasi Imigrasi Kelas I Semarang Selama Semester I 2020

KBRN, Semarang: Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang mencatat selama semester I tahun ini setidaknya terdapat 13 Warga Negara Asing (WNA) asal Taiwan yang dideportasi.

“Awal tahun ada yang dideportasi, tapi itu juga karena proses hukum di tahun 2019. Sebanyak 13 orang kalau ga salah, semua adalah warga negara taiwan kasusnya adalah cyber crime,” ungkap Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPA Semarang, Doni Alfisyahrin kepada RRI, Rabu (5/8/2020).

Selama pandemi lanjut Doni, tidak ada WNA yang mengalami deportasi di wilayah kerja Imigrasi Semarang. Meski demikian upaya pengawasan terhadap WNA tetap diupayakan. Salah satunya melalui pendataan,  tercatat sebanyak 2400 WNA yang berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Semarang dimasa pandemi per 5 Agustus ini. 

“Pengawasan selama pandemi ini sifatnya kita melakukan pendataan karena kondisi covid begini,” tutur Doni.

Tak lupa, Imigrasi tetap berupaya meningkatkan koordinasi dan menjalin kerjasama dengan instansi terkait seperti Kepolisian dan BNN jika terdapat WNA yang melakukan tindakan yang meresahkan masyarakat.

“Kami memiliki salah satu seksi intelegen dan tindakan keimigrasian, yang tugasnya melakukan pengawasan orang asing yang menyalahi ijin tinggal atau mungkin kegiatannya tidak sesuai di masyarakat seperti melakukan tindakan yang merugikan masyarakat, kaya perdagangan orang, atau ada unsur narkoba dan pencucian uang” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00