Teknik Elektro Unika Soegijapranata Selenggarakan KKL Jatim dan Bali

Foto bersama teknik elektro dan teknologi energi di pt amerta indah ostuka.
penyerahan plakat ke bapak agung direktur pt fuboru indonesia oleh bapak leo kaprodi teknik elektro dan teknologi energi.

KBRN, Semarang : Sebanyak 65 Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro dan Teknologi Energi Fakultas Teknik UNIKA Seogijapranata menyelenggarakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Jawa Timur dan Bali, didampingi oleh empat dosen pembimbing. Mahasiswa KKL berkunjung Tiga Perusahaan masing – masing PT. FUBORU INDONESIA, PT. AMARTA INDAH OTSUKA yang berlokasi di Kota Sidoarjo dan Pasuruan, serta eV Studio Denpasar, Bali.

Di PT. FUBORU INDONESIA para mahasiswa mendapatkan informasi dan proses produksi percetakan gasket dan suku cadang roda dua, roda tiga, roda empat, mesin statis, dan berdasarkan pesanan. Mahasiswa mendapat kesempatan secara langsung tahap proses produksi dari bahan mentah hingga menjadi sebuah produk.

Kepala Teknik PT. FUBORU INDONESIA Hendra menyampaikan harapan dari kunjungan tersebut bisa menambah wawasan dan keteknikan bidang industri percetakan gasket dan suku cadang roda dua, roda tiga, roda empat, mesin statis, dan berdasarkan pesanan. Usai mendapatkan penjelasan, mahasiswa yang terbagi dalam lima kelompok melakukan kunjungan pada masing – masing unit produksi.

Setelah melakukan kunjungan ke PT. FUBORU INDONESIA peserta KKL berkunjung ke PT. AMERTA INDAH OTSUKA yang berlokasi di Pasuruan. Perusahaan PT. AMERTA INDAH OTSUKA merupakan salah satu anak perusahaan dari tujuh anak perusahaan yang berkomitmen menciptakan produk – produk unik dan inovatif, memperbaiki kesehatan, dan hidup lebih baik, memberikan kontribusi bagi kehidupan umat manusia seluruh dunia.

Informasi tentang produk tersebut membuka wawasan peserta KKL kali ini untuk tetap sehat dan mempertahankan kondisi fisik. Mahasiswa diajak berkeliling melihat langsung proses produksi minuman dan makanan ringan yang dikembangkan oleh PT. AMERTA INDAH OTSUKA. Mahasiswa melihat proses produksi mulai dari bahan mentah hingga menjadi produk siap edar.

Divisi HRD, Indah Supraptiningsih saat menerima peserta KKL menegaskan bahwa lulusan Teknik Elektro dan Teknologi Energi berkesempatan besar untuk bisa bergabung di PT. AMERTA INDAH OTSUKA. Beliau menjanjikan karir yang bagus dan peluang untuk magang di Jerman selama 6 bulan untuk mempelajari tentang riset pengembangan mesin – mesin produksi yang baru. Peluang tersebut ditawarkan pada peserta KKL dengan cara lolos seleksi dan memenuhi syarat perusahaan.

Peserta melanjutkan perjalanan ke pulau Dewata untuk menikmati keindahan alam dan budaya pulau Bali. Pada hari ketiga peserta melakukan kegiatan kunjungan ke perusahaan eV Studio yang bergerak di bidang motor listrik. Informasi yang sangat menarik dan bermanfaat yang peserta KKL dapatkan dari Ito Heru selaku Manajer perusahaan tentang produk motor listrik merk Tempur dengan spesifikasi mampu berjalan dengan kecepatan 60 km/jam dengan torsi yang besar.

Selain itu, mahasiswa diberikan informasi perbandingan motor listrik tempur dengan motor listrik jenis lain yaitu harga yang lebih terjangkau dan bergaransi seumur hidup. Peserta diberikan kesempatan untuk melakukan uji coba kendaraan Tempur di jalan raya kota Denpasar. Setengah hari berikutnya peserta melakukan kunjungan ke beberapa objek wisata dan toko pusat oleh – oleh di pulau Bali.

Sore hari di Hotel The Salak usai makan malam diselenggarakan sarasehan menghadirkan narasumber direktur pemasaran PT. I AM BE U MINA UTAMA yang bergerak pada bidang penyediaan makanan laut segar. Makanan laut segar dieskpor oleh perusahaan ini ke berbagai penjuru dunia yaitu pasar Amerika dan Asia. Kartika Kumalasari yang saat ini berkesempatan berbagi ilmu dan pengalaman merupakan salah satu alumni UNIKA Soegijapranata Fakultas Psikologi yang lulus pada tahun 2005. Kiprah dan karirnya di dunia ekspor dan impor di bidang perikanan membuka wawasan peserta KKL untuk mencapai kesuksesan hidupnya meski disiplin ilmu yang dia tekuni ketika kuliah belum sesuai dengan pekerjaan yang saat ini dijalani.

Sementara itu, Profesor Slamet Riyadi selaku Dekan Fakultas Teknik yang memandu sarasehan tersebut mengupas tuntas semua persoalan yang ditanyakan oleh peserta dan dijawab oleh Kartika dengan cerdas dan memuaskan.

Ivan Tanujaya selaku ketua panitia KKL kali ini merasa bersyukur atas suksesnya penyelenggaraan KKL. Hal ini dibuktikan mendapat dukungan dan apresiasi dari peserta KKL, saat berita ini diturunkan acara KKL akan diakhiri kunjungan wisata hari keempat ke Danau Bedugul. (Juang).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar