Ratusan SD di Blora Kekurangan Murid Baru

Sekretaris dinas pendidikan kabupaten blora Widodo.jpg

KBRN, Blora : Ratusan Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Blora kekurangan siswa baru pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini. Mereka tidak mampu memenuhi kuota Rombongan Belajar (Rombel) sebesar 28 siswa.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Widodo mengungkapkan, ada 534 SD yang tidak mampu memenuhi kuota rombel. Itu terdiri dari sekolah Negeri dan Swasta. "Dari total  598 SD ada 534 yang siswanya barunya dibawah 28 siswa," kata Widodo saat ditemui di kantornya, Selasa (5/7/2022).

Bahkan dari data PPDB Dinas Pendidikan Kabulaten Blora,  ada 7 SD yang sama sekali tidak mendapat siswa baru.

Ketujuh SD itu diantaranya SD 2 Bogorejo, SDN 2 Sendangrejo, SDN 3 Nglengkir, SDN Gayam, SDN Gembol, SDN Sarirejo dan SDN Jipang. Widodo menjelaskan kurangnya siswa baru di sejumlah sekolah disebabkan banyak faktor. Seperti keberhasilan program Keluarga Berencana (KB) dan menjamurnya sekolah swasta berbasis keagamaan.

"Memang jumlah anak usia sekolah berkurang, ini juga salah satu keberhasilan KB. Yang kedua banyak juga SD terutama sekolah dengan berbasis agama itu juga ada pengaruhnya," ungkapnya.

Meski banyak yang kekurangan siswa, Namun pihaknya memastikan sistem pembelajaran tetap berjalan. "Ya jelas, inikan juga sudah mulai tatap muka. Jadi sistem pembelajaran tetap berjalan biasa," jelasnya. (Ramananda) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar