Melalui KKN Back To Village, Mahasiswa USM Tumbuhkan Semangat Belajar dan Kreativitas anak-anak Desa Bakalrejo

KBRN, Demak : Universitas Semarang kembali mengadakan KKN Back To Village V,  yang  berarti mahasiswa melaksanakan KKN selama satu bulan di daerah tempat tinggal masing-masing.

 

Salah satu Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Luthfiana Ari Pratiwi tengah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Desa Bakalrejo, Guntur Demak dengan program kerja yaitu memberikan edukasi yang menyenangkan dan menyehatkan bagi anak-anak SD Bakalrejo RT 01  RW 01 di masa pandemic  Covid-19.

 

“Anak- anak di desa bakalrejo ada yang mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diberikan oleh sekolah karena sebelumnya memang pembelajaran dilakukan secara online. Mereka juga seringkali tidak memperdulikan kesehatan dimasa pandemic Covid-19 serta kurangnya pemahaman untuk memanfaatkan barang-barang bekas dilingkungan sekitar” katanya kepada rri.co.id Kamis,(26/5/2022).

 

Dalam program kerja ini ada berbagai kegiatan yang akan dilakukan seperti bimbingan belajar, mendaur ulang sampah plastic menjadi barang yang berguna serta akan ada sosialisasi tentang pencegahan virus covid19.

 

Maksud dari program tersebut dibuat untuk memberikan suasana yang baru dalam kegiatan bimbingan belajar karena seringkali merasa bosan dan menurunnya minat belajar serta melatih kreativitas anak-anak .  Salah satu siswa Manda merasa senang dengan kegiatan kuliah kerja nyata yang diadakan di desa Bakalrejo ini.

 

“Senang ada kegiatan seperti ini jadinya saya bisa dibantu dalam mengerjakan PR sekolah dan bisa berkreasi dengan membuat tempat pensil dengan tetap menjaga kebersihan “ ucapnya

 

Luthfiana dalam melakukan program kerjannya sangat membantu orangtua yang tidak dapat mendampingi anak-anaknya dalam kegiatan belajarnya.

 

“ Alhamdullilah ada mahasiswa yang KKN disini jadi bisa membuat anak saya lebih semangat belajar serta dapat memanfaatkan waktu dengan hal-hal positif seperti berkreasi” ujar Sulistyoningsih.

 

 

 

 

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar