Menyesuaikan Perkembangan, LPPM Unika Revitalisasi Pusat Studi

KBRN, Semarang : Pusat Studi Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang melakukan revitalisasi untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman. Revitalisasi pusat studi itu dibahas dalam acara talk show yang digelar di ruang Teater Gedung Thomas Aquinas Lantai 3 Kampus Unika Soegijapranata, Rabu (25/5/2022) siang.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unika Soegijapranata Dr Y Trihoni Nalesti Dewi SH MHum mengatakan, revitalisasi ini untuk melihat LPPM di Unika saat ini masih relevan atau tidak, mengingat usia Unika sudah menginjak 40 tahun.

''Revitalisasi Pusat Studi ini sebagai respon terhadap keresahan para dosen muda, ada yang memandang jadul . Maka dari itulah dengan revitalisasi ini kami ingin berkembang bersama dan menjadi rumah baik bagi dosen muda, dosen senior maupun mahasiswa. Dipusat studi ini mahasiswa nantinya akan tetlibat juga,'' jelasnya kepada wartawan.

Revitalisasi pusat studi ini, lanjutnya, yang paling penting adalah bisa memiliki peran di masyarakat. Baik dari penelitian maupun kajian ilmiah yang ada di dalamnya dapat berdampak secara positif.

''Kami harap revitalisasi ini menjadi hal yang penting, jika Unika hadir di masyarakat  maka kita harus melihat konteksualisasi dari pusat studi," harapnya.

"Upaya ini diharapkan menjadi awal yang baik agar pusat stusi dapat memiliki peran dan kiprah di masyarakat,'' imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Inovasi, Riset dan Publikasi Robertus Setiawan Aji Nugroho ST MComm IT mengatakan, salah satu pengutusan yang penting dari Unika Soegijapranata adalah pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan untuk semakin baiknya kehidupan.

"Ini diwujudkan dengan dukungan penuh terhadap pengembangan ilmu pengetahuan. Salah satunya kami mendukung dengan revitalisasi dan pengkajian pusat studi agar perlu dioptimalkan lagi,'' katanya.

Dari  rencana revitalisasi tersebut, lanjutnya, pihaknya membentuk tim untuk melakukan riset dan kajian dimana ada beberapa penyesuaian, penguatan yang dilakukan termasuk pengembangan pusat studi baru.

"Kami membentuk tim yang isinya rekan-rekan muda yang luar biasa. Kemudian melakukan kajian secara mendalam dan  penyesuaian beberapa penguatan yang harus kami lakukan termasuk pengembangan pusat-pusat studi baru," ungkapnya.

Sementara itu, LPPM  Unika Soegijapranata telah memiliki sejumlah Pusat Studi. Pusat Studi yang dimiliki saat ini adalah Pusat Studi Urban, Pusat Studi Wanita, Pusat Studi Eko Permukiman, Pusat Studi Lingkungan Manusia & Bangunan dan The Java Institute. Untuk pusat studi baru ada Manusia, Lingkungan, Teknologi, Daerah Terpencil Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan dan Pusat Studi Desa dan Kawasan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar