Sri Haryati Guru Besar Ketujuh Untidar Magelang

KBRN,  Magelang : Selang satu hari setelah Dies Natalis ke-43, Universitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang menambah satu orang guru besar. Yakni, Prof Dr A Sri Haryati MPd, guru besar  dalam bidang ilmu Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kota Untidar Magelang

Pengukuhan guru besar tersebut dilaksanakan pada Sidang Senat Terbuka Untidar Magelang di Gedung dr H R Suparsono kompleks Untidar Magelang, Rabu (25/5/2022).

Dengan pengukuhan tersebut, Untidar Magelang kini memiliki tujuh orang guru besar. Dari tujuh guru besar tersebut, tiga di antaranya berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Untidar Magelang. Yakni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kota Untidar Magelang, yakni  Prof Dr Cahyo Yusuf MPd (mantan Rektor Untidar), Prof Dr Sukarno MSi (Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dan Prof Dr A Sri Haryati MPd.

Pada pidato ilmiah pengukuhannya mengangkat judul “Mitigasi Learning Loss, Sebagai Dampak Pandemi Covid-19.” Sri Haryati mengatakan, penutupan kegiatan belajar mengajar di sekolah selama pandemi Covid-19, mempengaruhi tingkat keberhasilan siswa untuk mencapai tujuan belajar.

“Bahkan, hal yang paling ekstrim menunjukkan bahwa penutupan sekolah dapat menyebabkan kerusakan pencapaian hasil belajar yang tidak dapat diperbaiki,” katanya.

Ia menambahkan, penutupan sekolah  selama pandemic Covid-19 tersebut menyebabkan munculnya “learning loss”. Adapun, “Learning loss”  merupakan kondisi sebagian kecil atau sebagian besar dari pencapaian hasil belajar siswa hilang akibat terhentinya proses pembelajaran di sistem pendidikan.

Menurutnya, mitigasi learning loss dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi risiko dan dampak hilangnya capaian hasil belajar siswa, yang dikarenakan terganggunya proses pembelajaran  tersebut yang diakibatkan adanya  pandemi Covid-19.

Rektor Untidar Magelang , Prof   Dr Ir Mukh Arifin MSc mengatakan, kehadiran Sri Haryati sebagai  guru besar baru di lingkungan Untidar, sangat ditunggu-tunggu untuk pengembangan Untidar ke depan.

”Saat ini, jumlah dosen di Untidar sebanyak 233 orang dengan jumlah mahasiswa sebanyak 12.000 orang. Tetapi, jumlah guru besar masih terlalu sedikit.  Prof Sri Haryati sebagai guru besar yang baru sangat ditunggu-tunggu untuk pengembangan Untidar ke depan,” katanya. Dyas

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar