USM Gelar Expo Pendidikan

KBRN, Jepara : Meski pandemi tak tahu kapan akan berakhir, tak bisa dipungkiri pendidikan merupakan hal yang penting dan tak dapat ditunda.

Universitas Semarang (USM) sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka dengan mahasiswa terbanyak di Semarang, pun telah melakukan inovasi dalam penerimaan mahasiswa baru sejak tahun 2020.

Namun dengan penyesuaian terbaru, USM selain tetap menerima pendaftaran  online melalui laman pmb.usm.ac.id, USM juga mengikuti berbagai expo pendidikan baik melalui online ataupun yang di adakan offline di sekolah.

Yang terbaru adalah Expo Pendidikan di SMA N 1 Donorejo Jepara, terlihat animo dari siswa yang haus akan pendidikan sangat antusias mengikuti expo ini.

Tampak dari mata mata mereka yang menginginkan untuk mengenyam pendidikan lebih lanjut selepas dari bangku SMA.

Salah satu pengunjung expo, Sita, mengaku merasa senang, bisa mengikuti expo pendidikan semacam ini, karena kakak kelas mereka tidak bisa mengikuti acara expo terhalang oleh pandemi.

"Sangat senang, Alhamdulillah bisa bertanya langsung ke petugas USM, karena kalau dari online masih meraba-raba, jadi suka bingung." ungkap Sita

"Meski bisa WA kalau ada yang ga dimengerti, tapi tetep mantep rasanya kalau tanya langsung." ujarnya.

"Ya pokoknya harapannya mau online mau offline, kami dapat terus melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya." tambahnya.

Kasubag Humas USM, Mieftakhul Fuadi SE MM yang berada di tempat acara juga mengaku sangat kaget, karena animo luar biasa dari siswa disini.

"Agak kaget sih, karena antusias mereka luar biasa, rame banget, senang pastinya tapi sekaligus juga was was. Senang karena tahu antusias mereka untuk melanjutkan kuliah , tapi juga was was karena pandemi belum usai." kata Mieftakhul

"Tapi alhamdulillah, meski di penuhi pengunjung, semua taat menggunakan masker, semoga sehat sehat semua." ungkap Mieftakhul 

Mieftakhul mengaku, dari 18 expo pendidikan yang diikuti USM, hanya dua sekolah yang menggelar secara offline di sekolahan, sisanya masih menggelar expo secara online.

Adapun program studi yang ditawarkan di USM ada D3 Manajemen Perusahaan, S1 Ilmu Hukum, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Elektro, S1 Perencanaan Wilayah dan Kota, S1 Teknologi Hasil Pertanian, S1 Psikologi, S1 Sistem Informasi, S1 Teknik Informatika, S1 Ilmu Komunikasi, dan S1 Pariwisata.

Selain itu USM juga membuka pendaftaran program pascasarjana yaitu S2 Magister Manajemen, S2 Magister Hukum, dan S2 Magister Psikologi. Kuota mahasiswa baru USM sekitar 4.700 mahasiswa terdiri dari kelas pagi dan sore. 

"Semoga meski dalam kondisi pandemi yang belum tahu kapan usai, USM tetap bisa memberikan yang terbaik , dan tentunya dapat dipercaya  oleh masyarakat." ucap Mieftakhul. (AF)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar