Untidar Magelang - Belarusian State Agricultural Academy Jalin Kerja Sama

KBRN, Magelang : Universitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang terus memperkuat jaringan kemitraan di kancah internasional melalui kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di luar Indonesia.

Salah satunya, menjalin kerjasama dengan Belarusian State Agricultural Academy (BSAA), Gorki, Belarus. Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan secara virtual oleh Rektor Untidar  Mukh Arifin dengan Rektor BSAA, Vitali Velikanov.

“Kerja sama ini menunjukkan optimisme dan komitmen kedua universitas dalam upaya memajukan potensi akademiknya,” kata Rektor Untidar Magelang, Mukh Arifin.

Arifin mengatakan, melalui kerjasama tersebut, Untidar  Magelang bertekad untuk terus menyediakan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat. Selain itu, juga membawa peran kepemimpinan di masyarakat melalui kegiatan akademik dan penelitian.

Menurutnya, sejak pendiriannya Untidar  secara spesifik menyelenggarakan penelitian pertanian dengan berorientasi pada kondisi daerah tropis khususnya di lahan vulkanik.

Ia menambahkan, pada abad ke-21 ini, tantangan dan peluang untuk menyediakan kepakaran dan penelitian di berbagai bidang sangat diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

“Dengan reputasi dan kualitas yang dimiliki oleh BSAA sebagai salah satu universitas unggulan di Eropa pada sektor agro industri, diharapkan membuka jalan bagi Fakultas Pertanian Untidar Magelang  untuk go international,” ujarnya.

Ia mengatakan,  kerjasama yang dijalin dengan BSAA tersebut, merupakan  langkah awal dalam menindaklanjuti nota kesepahaman yang telah ditandatangani  tersebut.

Diharapkan, dengan kerjasama tersebut Fakultas Pertanian Untidar Magelang akan menjadi menjadi focal point pembahasan pengembangan action plan antar kedua universitas di tahun 2022.

Sementara itu, Rektor BSAA, Vitali Velikanov  menyambut baik kerja sama tersebut.  Kerja sama antaruniversitas  di dua negara tersebut, merupakan perwujudan penguatan hubungan pendidikan dan kebudayaan antara kedua negara.

"Kami sangat senang dapat merealisasikan kerja sama dengan Untidar. Saya, berharap kerja sama ini akan berlangsung dalam jangka panjang untuk memberikan manfaat kepada civitas akademika kedua universitas dan juga masyarakat kedua negara,” katanya.

Menurutnya , kerjasama kedua universitas  tersebut juga diyakini bisa menjembatani promosi berbagai potensi yang dimiliki Indonesia kepada akademisi dan mahasiswa Belarus dan sebaliknya.

“Melalui kerja sama ini, saya berharap semakin banyak dosen dan mahasiswa Belarus di BSAA yang mengenal dan mengetahui secara langsung dan lebih dekat tentang Indonesia, termasuk kekayaan budaya dan keindahan alamnya,” ujarnya.

Adapun kerjasama yang ditandatangani kedua perguruan tinggi tersebut, yakni  dalam bentuk pelaksanaan seminar/ simposium bersama, pengembangan program double degree (gelar ganda), pertukaran mahasiswa serta tenaga pengajar.

 Juga dalam bidang pelaksanaan penelitian dan kegiatan illmiah bersama, pertukaran bahan teknis serta publikasi jurnal ilmiah, pengajaran bahasa dan pertukaran budaya. Dyas

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar