PSDKU Undip Diresmikan, Perekonomian Batang Diyakini Meningkat

KBRN, Batang : Bupati Batang Wihaji menegaskan, peresmian gedung program studi di luar kampus Universitas Diponegoro di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada Rabu (1/12/2021), nantinya berpotensi memunculkan perputaran ekonomi di daerah itu.

Ini merupakan cita-cita warga seiring keberadaan PSDK Undip di Batang, karena kampus Undip akan memunculkan perputaran ekonomi.

"Contohnya, harga tanah di sekitar kawasan Undip saat ini sudah melejit, berdirinya rumah kos, dan usaha pencucian pakaian," kata Wihaji di Batang.

Gedung PSDK Undip di Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang diperkirakan akan menampung ratusan mahasiswa. Peresmiannya oleh Rektor Undip Semarang Yos Johan Utama bersama Bupati Batang Wihaji, Rabu (1/12/2021).

Menurut Wihaji, PSDK Undip Batang akan bisa meningkatkan peradaban dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM), khsususnya di daerah setempat.

"Oleh karena itu, kami minta dukungan Undip agar bisa menghasilkan SDM yang memiliki 'skill' karena nantinya banyak perusahaan di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) akan membutuhkan tenaga mereka," katanya. Gedung PSDK Undip mulai dibangun pada 19 Agustus 2020 dengan menempati lahan hibah dari Pemerintah Kabupaten Batang seluas 9,5 hektare.

Yos Johan Utama mengatakan, PSDK Undip di Batang memiliki tiga jurusan yaitu D3 Perpajakan, D3 Kehumasan, dan S1 Agribisnis."Saat ini PSDK Undip di Kabupaten Batang memiliki 300 mahasiswa dan sudah meluluskan 80 mahasiswa," katanya. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar