KITB Siap Jadi Media Pembelajaran Mahasiswa Untag

KBRN, Batang : Keberadaan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) tak hanya menjadi magnet bagi calon pencari kerja saja, namun juga sampai kalangan perguruan tinggi. Salah satunya Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang, yang siap mengirimkan mahasiswanya untuk melakukan magang kerja selama dua semester di luar perguruan tinggi.

Rektor Untag Semarang Suparno menyampaikan, nantinya mahasiswa akan dikirim ke KITB untuk belajar langsung tentang dunia usaha dan industri.

“Kami memang sengaja menyiapkan mahasiswa untuk menindaklajuti arahan Kemenristekdikti, tentang delapan indikator utama, salah satunya kewajiban magang di luar kampus utama,” terangnya, usai melakukan penandatanganan kerjasama dengan Bupati Batang Wihaji, di Ruang Abirawa Kantor Bupati Kabupaten Batang, Kamis (25/11/2021).

Harapannya nantinya setelah penandatangan kerjasama ini, mahasiswa Untag Semarang dapat melakukan kewajiban magangnya di pabrik-pabrik yang tersebar di KITB.

“Batang merupakan salah satu ikon kawasan industri yang luar biasa di Jawa Tengah,” sanjungnya.

Selain Kabupaten Batang, Untag Semarang juga telah melakukan penandatanganan kerjasama dengan Kabupaten Brebes, Kota Pekalongan dan Kabupaten Pemalang.

“Mahasiswa kami sebanyak 7.800, karena jumlahnya banyak tidak mungkin hanya di satu kabupaten/kota saja,” katanya.

Wihaji mengatakan, Kabupaten Batang sangat terbuka jika akan dijadikan media riset, penelitian maupun pengabdian masyarakat.

“Silakan ditindaklanjuti dari pihak perguruan tinggi, di tiap fakultas tentang pendidikan, riset maupun pengabdian terhadap masyarakat karena penandatanganan kerjasama sudah dilakukan,” tegasnya. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00