Ribuan Garuda UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan Ikuti PBAK

Rektor UIN KH Abdurrahman Wahid Prof Dr Zaenal Mustakim MAg membuka PBAK 2022 (17/8/2022)
Ribuan Garuda UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan Ikuti PBAK (17/8)
Sidang senat terbuka pengukuhan mahasiswa baru

KBRN, Pekalongan: Sebanyak 2.990 Mahasiswa Baru atau Generasi Gusdur Muda (Garuda) Universitas Islam Negeri KH Abdurrahman Wahid Pekalongan Ikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun Akademik 2022, di halaman gedung Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, 17-19 Agustus 2022.

Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdurahman Wahid Pekalongan mengelar sidang senat dalam rangka pengukuhan mahasiswa baru serta PBAK Tahun 2022/2023. Sebanyak 2.990 mahasiswa yang tersebar di empat fakultas resmi dikukuhkan oleh Rektor UIN KH Abdurrahman Wahid, Prof Dr Zaenal Mustakim MAg Rabu, (17/8/2022).

Rektor UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan, Prof Dr Zaenal Mustakim MAg menyampaikan, Esensi dari pengenalan adalah mendekatkan berbagai hal yang terkait dengan kampus kepada mahasiswa, baik akademik maupun non akademik begitu juga sarana dan prasarana yang dimiliki universitas.

"Melalui kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), Generasi Gusdur Muda dapat mengenal dan menggali informasi tentang UIN KH Abdurrahman Wahid, " terang Prof. Zaenal.

Dikesempatan yang sama, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, Muhlisin, mengungkapkan  Acara PBAK dan pengukuhan mahasiswa baru tahun ini digelar secara full offline di Kampus II UIN Pekalongan. Pengambilan hari pertama sengaja di tanggal 17 Agustus dengan alasan mengajak seluruh mahasiswa baru untuk menghormati jasa segenap Pahlawan Bangsa. 

"Momentum ini sebagai pembukaan PBAK bertujuan agar para mahasiswa baru turut menjiwai hari Kemerdekaan ini sebagai bentuk penghargaan kepada seluruh pahlawan yang menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelas Warek III.

Senada ditambahkan, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN KH Abdurrahman Wahid, Rohmi Fuadi, Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK)kali ini mengangkat tema “Tranformasi Kelembagaan Sebagai Model Mewujudkan Budaya Kampus yang Unggul Moderat Berekonomi dan Humanis”.  

“Tema tersebut diangkat sebagai momen transformasi dari IAIN Pekalongan menjadi UIN KH Abdurrahman Wahid, sedangkan Humanis itu mengambil dari nilai-nilai dari Gus Dur itu sendiri. Dengan harapan seluruh mahasiswa meneladani sifat dan nilai- nilai kemanusiaan yang diterapkan Gus Dur,” terangnya.

PBAK tahun akademik 2022/2023 ini juga memiliki jargon khas yaitu GARUDA (Generasi Gus Dur Muda). Garuda atau Burung Garuda merupakan simbol semangat. Selain itu juga sebagai simbol mahasiswa angkatan pertama setelah resmi beralih menjadi UIN KH Abdurrahman Wahid. Tujuan dari acara ini adalah pengenalan lingkungan kampus serta proses pencarian jati diri dari mahasiswa.

“Mahasiswa baru itu harus bisa mencari bakat yang sebenarnya itu dimana, tidak boleh terpaku dengan kurikulum yang sudah di sediakan di kampus, mereka bisa mencari jati diri diluar perkuliahan,” ujar Rohmi Fuadi. (Miftachudin - Pekalongan).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar