Pelatihan Baby Spa Dan Mom Treatmen Untuk Mendapat SKPI

KBRN, Kudus : Mahasiswi kebidanan Politeknik Kudus mendapat pelatihan keterampilan Baby Spa dan Mom Treatmen di Politeknik Kudus, Rabu - Kamis (6-7/7/2022). Pelatihan yang diikuti 26 mahasiswa ini menghadirkan lembaga kursus dan pelatihan (LKP) Nenny dari Bogor.

Direktur Politeknik Kudus Trisno Suwandi menerangkan, progam studi (Prodi) Kebidanan merupakan pendidikan vokasi, sehingga membutuhkan tambahan skill dan dipilih pelatihan Baby Spa dan Mom Treatmen, peluang usaha terbuka luas.

"Jadi bidan itu tidak hanya dituntut hard skill (akademis) tapi juga soft skill (keterampilan). Setelah lulus, sudah ada bekal. Kami berharap bisa membuka usaha sendiri yang masih ada hubungan dengan pendidikan yang digelutinya," kata Trisno Suwandi, Rabu (6/7/2022).

Menurutnya, pendidikan vokasi disamping memiliki kemampuan bidang masing-masing, tapi juga memiliki bidang keterampilan. Hal itu harus dimiliki dan pada saat mahasiswi lulus, tidak hanya ijazah dan transkip nilai, tapi ada surat keterampilan pendamping ijazah.

Ia juga menyampaikan tujuan diadakan pelatihan, untuk meningkatkan kompetensi keterampilan kemampuan keterampilan bagi mahasiswi tingka 3. Karena, di rumah sakit, puskesmas dan dimana-mana, ditanyakan tentang SKPI.

"Kalau ada SKPI misalkan khusus seperti Baby Spa dan Mom Treatmen, lulusan kebidanan Politeknik Kudus tetap ada lahan pekerjaan,"imbuhnya.

Trisno menambahkan, pada intinya membuka peluang kerja. Ia juga menyampaikan jumlah total keseluruhan mahasiswa Politeknik Kudus sebanyak 100 orang, dari prodi D3 Kebidanan, D4 Gizi Klinis dan D4 Bisnis dan Manajemen Ritel. (RK)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar