UM Unnes 2022, Daya Tampung 3.187 Mahasiswa

KBRN, Semarang : Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka seleksi pendaftaran jalur Ujian Mandiri (UM) sesuai jadwal mulai 24 Mei sampai dengan 2 Juli 2022. 

Adapun proses seleksi calon mahasiswa baru bisa melaksanakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) di kampus Unnes maupun ujian secara daring. 

Humas Unnes Muhammad Burhanuddin mengatakan, kuota jalur UM sebesar 30 persen atau sebanyak 3.187 calon mahasiswa baru. Rinciannya, 30 persen dari jalur SNMPTN, 40 persen SBMPTN. 

"Ujian Mandiri (UM) seleksi terbagi dua jalur reguler dan prestasi. Di prediksi jumlah total pendaftar jalur UM sekitar 41 ribuan calon mahasiswa baru," katanya dikutip channel YouTube Unnes TV, belum lama ini. 

Burhan menjelaskan, proses seleksi pendaftaran calon mahasiswa baru belum di tutup. Pertama, calon pendaftar bisa mengakses laman seleksi mandiri Unnes untuk pengisian biodata. Kemudian, baru bisa mendapat virtual account biaya pendaftaran Ujian Mandiri melalui Bank BTN dan BNI. 

"Jumlah pilihan maksimal 2 prodi bisa berbeda Fakultas tetapi tidak disarankan lintas prodi. Tetap linear dengan kompetensi bidang keilmuan baik soshum maupun saintek," jelasnya. 

Menurut Burhan, materi seleksi yang akan di ujikan di antaranya meliputi tes bahasa Inggris dan tes potensi akademik. Ia menyebut, ada sejumlah 71 program studi pilihan bagi para calon mahasiswa baru. 

"Materi ujian seleksi jalur Mandiri ini meliputi tes kemampuan bahasa inggris, serta tes potensi akademik. Kisi-kisi materi ujian juga bisa diakses para peserta tes melalui website," tuturnya.

Dari beberapa prodi, ada 3 prodi terfavorit Unnes pada tiga jalur seleksi masuk perguruan tinggi. Di antaranya Prodi Manajemen, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), serta dua program keguruan Pendidikan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. 

Sebelumnya,  Unnes pada seleksi jalur SNMPTN jadi kampus tervaforit di Indonesia dengan jumlah pendaftar sebanyak 42.325 calon mahasiswa.  Kemudian, untuk jalur Ujian Tertulis SBMPTN 2022, Universitas Negeri Semarang (Unnes) menerima peserta SBMPTN tahun 2022 sejumlah 4.289 calon mahasiswa. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar