Percepat Booster, Dinkes Gelar Vaksinasi di CFD

KBRN, Batang : Pencapaian vaksinasi Booster yang dinilai belum optimal, menginisiasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Batang menggelar layanan vaksinasi di area Car Free Day (CFD) bagi seluruh kalangan di Jalan Veteran, Kabupaten Batang, Minggu (3/7/2022).

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Batang Yuli Suryandaru mengatakan, pencapaian vaksinasi Booster di Batang masih sangat lambat, maka bersama Badan Intelejen Negara (BIN), membuka layanan vaksin di ruang publik.

“Kami mencoba untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, yang sedang berolahraga di kawasan CFD,” terangnya.

Ia menerangkan, pencapaian vaksinasi Booster di Kabupaten Batang baru mencapai 16,30 persen.

“Target kami semoga bisa 40 persen di akhir Agustus,” harapnya.

Ia sangat menyayangkan semangat warga untuk divaksin yang mulai menurun. 

“Itu karena mereka melihat angka penderita Covid-19 yang sudah menurun drastis dan sebagian lainnya menganggap dua dosis sudah cukup, sehingga mereka tidak berminat lagi untuk divaksin Booster, padahal sangat dibutuhkan karena kasus masih ada,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pencapaian vaksinasi untuk masyarakat umum dosis pertama mencapai 80 persen dan dosis kedua 70 persen. Sedangkan, lansia dosis pertama 70 persen dan dosis kedua 60 persen.

Salah satu penerima vaksin Booster, Abdul Rozak dari Sambong mengatakan, momentum yang dipili sangat tepat ketika petugas kesehatan membuka layanan vaksin di sarana publik.

“Ya lumayan baik karena bertepatan dengan waktu libur. Ini bersamaan dengan waktu luang warga,” ujarnya.

Dipilihnya sarana publik bisa meningkatkan minat warga untuk vaksinasi, agar tubuh terproteksi dari paparan Covid-19. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar