Polres Grobogan Sosialisasi PMK

KBRN, Grobogan : Polres Grobogan melalui Humas menggelar sosialisasi kepada masyarakat tentang pengendalian Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Dusun Ngablak, Desa Ngraji, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan saat acara halalbihalal yang digelar Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (APIMSO) Kabupaten Grobogan.

 

Acara tersebut dikemas dengan berbagai kegiatan sosial yaitu Donor darah dan pemberian santunan pada anak yatim.

 

Kasubsi Penmas Aiptu Teddy saat menyampaikan, sosialisasi tersebut mengatakan untuk mengendalikan PMK yakni dengan mengedukasi melalui sosialisasi mulai dari pengenalan, penularan sampai penanggulangan penyakit itu sendiri.

 

Disampaikan pula tentang hewan ternak yang dapat tertular, ciri – ciri hewan ternak terjangkit penyakit PMK pada hewan ternak, serta pencegahan dan upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam menanggulangi wabah ini.

 

“Jangan panic, Penyakit Mulut Kuku (PMK) pada hewan yang kini tengah merebak di beberapa daerah tidak menular ke manusia atau zoonosis,” kata Teddy.

 

Ditambahkan Kasubsi Penmas, PMK pada hewan tidak membahayakan kesehatan manusia. Daging dan susu tetap aman dikonsumsi selama dimasak dengan benar.

 

Ia juga mengimbau, pada undangan yang hadir, apabila tetangga atau saudaranya yang memiliki hewan ternak terindikasi penyakit PMK segera melaporkan kepada Puskeswan atau Bhabinkamtibmas setempat untuk segera ditangani agar tidak menyebar ke hewan lainnya.

 

“Jangan sampai ada kejadian diam-diam. Segera laporkan dokter hewan setempat jika curiga terindikasi sakit, untuk memeriksa dan melakukan penanganan memastikan hewan tersebut sakit atau tidak,” katanya.

 

Tak lupa, ia mengimbau pada seluruh undangan yang hadir untuk mewaspadai berita Hoax yang membuat resah masyarakat.

 

“Cek dan Ricek apabila menjumpai adanya postingan atau informasi yang belum tentu kebenarannya,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar