7.906 Anak Usia 6- 11 Tahun Sasaran Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Juwana

KBRN, Pati : Badan Intelejen Negara Daerah (BINDa) Jawa Tengah bersama Puskesmas Juwana menggelar vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun. Ini merupakan upaya percepatan vaksinasi terhadap anak di Kabupaten Pati.

Guna mewujudkan hal tersebut, BINDa Jawa Tengah terus menggalang kerja sama dengan puskesmas di Kabupaten/Kota. Seperti yang dilakukan kepada anak-anak usia 6-11 tahun di Kecamatan Juwana.

Di wilayah ini, sasaran target ada sekitar 7.906 anak yang tersebar di sejumlah SD. Seperti vaksinasi masal anak di Balai Desa Bakaran Wetan Kecamatan Juwana, Sabtu (22/1/2022).

Seorang siswi SD Bakaran Wetan 01 Sintiya mengaku tidak terasa sakit saat divaksin. Dia juga mengajak teman-temannya untuk segera vaksin agar sehat dan terlindungi dari Covid-19. “Enggak terasa sakit kok. Untuk teman-teman yang belum vaksin, cepatan vaksin ya biar bisa kembali ke sekolah dan sehat,” katanya.

Orang tua salah satu siswa SD Bakaran Wetan, Fitria mengaku, senang anaknya sudah mendapat vaksin Covid-19. Sebelumnya memang sempat cemas, setelah kebijakan pemerintah kabupaten  memberlakukan pembelajaran tatap muka di pertengahan Januari ini.

“Ini baik sih untuk menjaga kondisi anak dan divaksin tidak terjadi sakit. Jadi dengan adanya vaksinasi ini, biar anak terjaga dari penularan dan penyebaran Covid-19. Karena sebelumnya adanya kekawatiran, anak akan tertular apalagi sekarang virusnya semakin mengganas,” terangnya.

Kepala Puskesmas Juwana Dr Totok Sudiharto mengatakan, sasaran vaksinasi riil komulatif di wilayahnya sebanyak 67.583 jiwa. Untuk suntik dosis pertama sudah mencapai 57.195 jiwa atau 84,6 persen, dan 42.239 jiwa lainnya sudah vaksin dosis kedua atau 62,5 persen.

Total sasaran vaksinasi anak-anak usia 6-11 sebanyak 7.906 jiwa. “Dari sasaran target itu telah tervaksin dosis pertama 3.671 jiwa atau 46,4 persen di antaranya. Untuk dua hari kedepan yaitu Sabtu dan Senin (22 dan 24 Januari 2022-red), kami bekerjasama dengan BINDa Jawa Tengah sasarannya dua ribu anak-anak, sehingga tinggal sembilan ratusan yang menunggu untuk divaksin,” jelasnya.

Kepala BINDa Jawa Tengah Brigjen TNI Sondi Siswanto mengatakan, vaksinasi untuk anak-anak ini, pihaknya bersama Puskesmas-Puskesmas menggunakan merk Sinovac. "Karena vaksin ini telah mendapat rekomendasi dan ijin dari BPOM, Sinovac agar digunakan untuk anak-anak usia 6 - 11 tahun," jelasnya.

Vaksinasi masal ini, mendapat respon positif, bahkan orang tua mereka mengantar dan mengabadikan gambar anak-anaknya yang sedang disuntik vaksin. (Agus Pambudi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar