Nakes BIN Jateng Door To Door Tingkatkan Capaian Vaksinasi

KBRN  Pati : Badan Intelejen Negara (BIN) Jawa Tengah bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Pati mengadakan vaksinasi massal. Vaksinasi yang menyasar di empat lokasi itu untuk menggenjot cakupan vaksin di Kabupaten Pati khususnya dan di Jawa Tengah.

Untuk memaksimalkan cakupan vaksinasi di Jawa Tengah, BIN menggelar vaksinasi massal di Kabupaten Pati. Seperti di antaranya Juwana di GOR Desa Growong Lor dan pendapa kecamatan setempat, serta Kayen di MTs dan MA Walisongo dan Balai Desa Jatiroto.

Petugas Promosi Kesehatan pada Puskesmas Juwana Rukmana Sari Wahyu Ningtyas mengatakan, selain melayani vaksinasu secara masal di tempat yang terpusat, juga dilakukan dengan kunjungan dari rumah ke rumah akibat tidak bisa ke lokasi vaksin karena faktor usia atau akibat terdampak banjir. “Karena banjir kami juga keliling tempat-tempat pelayanan karena tidak bisa hadir, akibat lokasinya banjir seperti di Desa Kedung Pancing, dan Desa Jepuro yang berada di sekitaran bantaran Sungai Silugonggo,” terangnya.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Pati Joko Santoso mengapresiasi percepatan vaksin yang diselenggarakan Badan Intelejen Negara (BIN) Daerah Jawa Tengah. Ini merupakan bentuk sinergi semua pihak agar masyarakat bisa tervaksin. “Mengingat 24 Desember 2021 sampai 2 Jamuari 2022 adalah Natal dan Tahun Baru, kami harapkan semua masyarakat Kabupaten Pati terkhusus di Juwana sudah tervaksin semua dan waspada dengan lonjakan kasus covid, karena beberapa hari ini kita dengar ada varian Omicron. Meski tidak ada WNA, tapi waspada dengan Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang baru pulang,” jelasnya.

BIN Daerah Jawa Tengah berharap, masyarakat dapat menahan diri untuk mematuhi imbauan pemerintah yang kembali menerapkan PPKM Level III, untuk menekan potensi persebaran Covid-19. Dan melalui vaksinasi ini, kekebalan komunal (herd immunity) segera terbentuk dan aktivitas ekonomi dapat kembali seperti sediakala.(Agus Pambudi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar