Seluruh Faskes Gelar Vaksinasi “Door to Door”

KBRN, Kudus : Semua fasilitas kesehatan di Kudus, menggelar vaksinasi Covid-19 secara keliling, dengan mendatangi langsung ke rumah warga untuk percepatan capaian vaksinasi agar segera terwujud herd immunity atau kekebalan kelompok.

"Kami mencatat sudah semua Puskesmas di Kudus melaksanakan vaksinasi keliling dengan mendatangi rumah-rumah warga atau 'door to door' untuk melayani vaksinasi kaum lanjut usia (lansia)," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Nasiban, Sabtu (4/12/2021).

Bahkan, tidak hanya puskemas yang melakukan hal itu, namun juga semua rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya yang selama ini turut menggelar vaksinasi.

Ia berharap dengan adanya vaksinasi keliling sebagai program serbuan, dalam waktu dekat sudah bisa terwujud herd immunity. Apalagi, ketersediaan vaksinasinya sangat mencukupi.

Total vaksin yang tersedia mencapai 43.000 dosis yang digunakan untuk pemenuhan kebutuhan vaksinasi dosis pertama dan kedua. Jenis vaksin yang tersedia, yakni Sinovac, Pfizer, dan AstraZeneca.

Berdasarkan data per 3 Desember 2021, capaian vaksinasi dosis satu sebanyak 483.901 orang atau 73,13 persen. Dosis kedua sebanyak 347.751 orang atau 52,55 persen.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Jati Amad Mochammad mengakui sudah melaksanakan vaksinasi "door to door" untuk meningkatkan capaian vaksinasi, khususnya untuk lansia di wilayahnya.

Jumlah lansia di wilayah kerja UPTD Puskesmas Jati tercatat sebanyak 5.009 orang, sedangkan yang sudah melakukan vaksinasi sebanyak 3.466 orang atau 69,2 persen, sementara yang belum sebanyak 1.543 orang.

Dari delapan desa di wilayah Puskesmas Jati, tercatat ada yang sudah mencapai 93,3 persen, yakni Desa Loram Kulon dari target 594 orang. Desa Pasuruhan Lor dengan target sasaran terbanyak mencapai 968 orang realisasinya sebanyak 81,4 persen. (Roy Kusuma)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar