Gedung Ruang Pasien Gangguan Jiwa di RSUD dr. Soewondo Kendal Resmi Beroperasi

KBRN, Kendal : Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soewondo Kendal telah memiliki gedung khusus untuk pelayanan pasien penyakit jiwa. Gedung yang diberi nama ruang Edelweiss itu lokasinya berjarak dengan ruang perawatan pasien lainnya. Peresmian gedung tersebut dilakukan bersamaan dengan acara HUT ke-88 RSUD dr Soewondo Kendal oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto, Selasa (30/11/2021).

Plt Direktur RSUD dr Soewondo Kendal dr Saekhu menjelaskan, gedung tersebut terdiri dari 10 ruang tempat tidur yang terbagi menjadi dua bagian, yakni bagian pasien laki-laki dan bagian pasien perempuan, serta satu ruang khusus untuk pasien akut. "Saat ini ada dua pasien yang rawat inap," katanya.

Untuk tenaga medis, terdiri dari 1 dokter spesialis jiwa dan 1 dokter umum. Tenaga perawat per shift ada 2 orang dan dijaga satu orang sekuriti. 

Dia mengatakan, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kendal ada sekitar 2.000 pasien gangguan jiwa yang aktif berobat. Para pasien selama ini berobat di RSJ Semarang. Adanya pelayanan pasien gangguan jiwa, maka mereka yang memiliki gejala ringan dan sedang bisa berobat di Kendal. "Sementara ini melayani pasien gangguan jiwa dengan gejala ringan dan sedang, tetapi untuk pasien gejala berat akan dirujuk di RSJ Semarang," jelasnya. 

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, dengan adanya fasilitas ruang Edelweiss ini memberikan pelayanan baru bagi masyarakat Kendal. Harapan ke depan untuk pelayanan spesialis yang belum ada bisa segera difasilitasi.  "Ini bagus, perlu didorong terus, ke depan akan ada perluasan juga, supaya semua pelayanan spesialis bisa difasilitasi," harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar