Antisipasi Ancaman Serangan Covid-19

KBRN, Semarang : Sebaran Covid-19 di Indonesia menunjukkan penurunan yang signifikan di beberapa bulan terakhir. Hal ini bisa dilihat dari kebijakan Pemerintah Pusat yang mulai merelaksasi sejumlah provinsi yang dapat menerima wisatawan mancanegara (wisman), seperti di Bali dan Kepulauan Riau.

Pemerintah juga mulai membuka akses penerbangan internasional dari 18 negara. Hal ini juga diikuti oleh Penurunan level status PPKM di sebagian besar Kabupaten / Kota di Indonesia, dengan membuka obyek – obyek wisata yang telah lama ditutup.

Masyarakat pun antusias memanfaatkan setiap moment liburan untuk melempiaskan kerinduannya untuk mengunjungi tempat – tempat favorit.

Di sisi lain, banyak kalangan yang mengkhawatirkan kemungkinan kembali meningkatnya angka kasus covid 19 gelombang ke tiga, akibat kelengahan dan sikap mengabaikan protokol kesehatan, karena masyarakat merasa sudah divaksin.

Pakar Mikrobiologi dari Universitas Diponegoro Semarang, dr Purnomo Hadi Msi SpMK mengungkapkan, kemungkinan serangan gelombang ke tiga Covid-19, mungkin saja terjadi, namun tidak sedahsyat periode sebelumnya.

“Mungkin saja terjadi serangan gelombang ke tiga karena adanya mutasi, dan sebagian masyarakat sudah divaksin, sehingga dampaknya tidak sedahsyat gelombang ke dua,“ ungkapnya.

Purnomo juga mengingatkan agar protokol kesehatan tetap harus diterapkan secara ketat, sementara pemerintah harus melakukan percepatan vaksinasi, untuk mencapai Herd Immunity.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00