172 Warga Desa Megawon Mendapatkan Vaksin Sinovac dan Astrazeneca

KBRN, Kudus : Untuk pertama kalinya vaksinasi dilaksanakan di aula balai Desa Megawon, Kecamatan Jati, Kamis (14/10/2021). Vaksinasi ini dibagi dua, yakni sesi pertama pukul 09.00 – 10.00 WIB untuk lansia, sedangkan sesi kedua pukul 11.00 – selesai bagi umum usia 17 ke atas.

Dari pantauan RRI pukul 09.00 WIB, terlihat banyaknya warga yang berkerumun dan terkesan semrawut karena kurangnya koordinasi.

Kepala Desa Megawon, Nurasaq mengatakan, vaksinasi yang dilaksanakan di aula balai Desa Megawon ini baru kali pertama. Sebetulnya lebih kepada lansia yang menjadi prioritas guna mendukung percepatan vaksinasi lansia sesuai harapan Pemkab Kudus.

Dari data di desanya ini, terdapat sekitar 500 -an lansia. Namun sebagian dari mereka, sebelumnya sudah ikut vaksinasi dibeberapa tempat. Dari hasil pengecekan ulang, masih sekitar 300 lansia yang belum mendapatkan vaksinasi.

“Antusias warga baik lansia dan umum cukup tinggi. Untuk lansia kami sudah siapkan 100 orang. Bila nantinya vaksin habis maka mereka bisa mengikuti vaksinasi dibalai desa Megawon yang akan datang. Untuk hari ini kita bagi dua mas, sesi pertama untuk lansia dan sesi kedua untuk umum,” katanya, Kamis (14/10/2021).

Sementara itu Kepala UPT Puskesmas Ngembal Kulon, Kamal Agus Efendi mengatakan vaksinasi di desa Megawon ini menggunakan vaksin Sinovac dan Astrazeneca. Sasaran vaksin ini adalah untuk dosis I. Baik yang menggunakan vaksin Sinovac maupun Astrazeneca.

Menurut dia, vaksin Astrazeneca rinciannya adalah 136 orang yang terdiri atas umum 77 orang, rentang usia 50 – 60 tahun sebanyak 32 orang dan lansia sebanyak 27 orang.

"Untuk Sinovac kami berikan kepada 35 orang lansia dan satu orang usia rentan. Dari yang hadir 186 orang yang berhasil divaksin sebanyak 172 orang. Empat belas orang lainnya ditunda karena beberapa sebab, yang terbanyak adalah karena tensi tinggi,” ujar Kamal. (Roy Kusuma)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00