FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Kota Pekalongan Genjot Percepatan Vaksinasi Lansia

KBRN, Pekalongan : Kota Pekalongan terus menggenjot target vaksinasi Covid-19, salah satunya yang menyasar kalangan lanjut usia (lansia) yang cakupannya tergolong rendah di Jawa Tengah. Percepatan vaksinasi perlu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. 

Selain itu juga mengendalikan status PPKM Kota Pekalongan, menuju Level 2 maupun 1. Jajaran TNI Kodim 0710/Pekalongan bekerja sama dengan tim vaksinator dari Dinas Kesehatan Kota Pekalongan kembali berupaya menggaspol cakupan vaksinasi lansia agar memenuhi target.

Kali ini, penyelenggaraan vaksinasi lansia digelar bersamaan dengan kegiatan Program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) yang digelar di Ruang Serbaguna Makodim 0710/Pekalongan, Selasa (12/10/2021).

Berdasarkan data dari website https://vaksin.kemkes.go.id,per tanggal 12 Oktober 2021 pukul 12.00 WIB, capaian total vaksinasi di Kota Pekalongan untuk dosis pertama sebanyak 136.455 dosis yang sudah tersuntikan atau sebesar 57,24 persen, sementara untuk dosis kedua sebanyak 74.538 dosis atau sebesar 31,26 persen.

Dari total tersebut, cakupan vaksinasi bagi lansia untuk dosis pertama baru mencapai 8.507 dosis atau sebesar 34,91 persen. Sedangkan, untuk lansia di dosis kedua sebanyak 6.058 dosis atau 24,86 persen. Padahal untuk target supaya Kota Pekalongan bisa kembali di level 2 atau bahkan ke level 1 PPKM, untuk vaksinasi lansia ini harus tercapai 60 persen.

Dandim 0710/Pekalongan melalui Kasdim 0710/Pekalongan, Mayor Inf Raji mengungkapkan bahwa untuk mencapai cakupan vaksinasi lansia, di wilayah Kota Pekalongan terbilang cukup kesulitan, sehingga dari jajaran Kodim 0710/Pekalongan berupaya untuk mendorong para lansia untuk tidak takut divaksin.

Menurutnya, dengan adanya penyaluran program BTPKLW ini, penerima bantuan dengan kategori lansia dan belum pernah divaksin bisa ikut sekalian mendapatkan vaksinasi gratis agar tercipta herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Saya mewakili Dandim 0710/Pekalongan,kaitannya dengan percepatan vaksinasi, untuk mencapai target vaksinasi lansia di Kota Pekalongan ini agak kesulitan. Sehingga, bersamaan dengan adanya penyaluran program BTPKLW pada hari ini,dimana banyak lansia yang hadir di tempat ini,kami meminta mereka untuk bisa mengikuti vaksinasi lansia bagi yang belum pernah menerima suntikan vaksin. Memang kami prioritaskan untuk kalangan lansia terlebih dahulu,namun tidak menutup kemungkinan masyarakat umum juga bisa terlayani mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19,” tegas Raji.

Dia menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi ini dilayani selama 5 hari ke depan bagi masyarakat Kota Pekalongan. Lebih lanjut, pihaknya meyakinkan bahwa vaksinasi ini sudah terbukti aman dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga seseorang yang sudah divaksin akan lebih tangguh dalam pencegahan maupun saat terpapar virus Covid-19.

“Kami sampaikan bahwa untuk kegiatan vaksinasi ini sangat bermanfaat untuk membentuk kekebalan tubuh dalam menghadapi virus Covid-19 ,sehingga mereka yang sudah divaksin ini akan jauh lebih tangguh dan kuat. Harapan kami dengan adanya penggaspolan vaksinasi khususnya bagi kalangan lansia ini,target perolehan vaksinasi di Kota Pekalongan bisa segera tercapai,masyarakat akan semakin kebal dalam menghadapi virus Covid-19 sehingga status PPKM Kota Pekalongan bisa kembali turun ke Level 2 bahkan bisa Level 1,”pungkasnya.

Salah satu lansia bernama Aslori (70 tahun),warga Kelurahan Kuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan mengaku ini pertama kalinya dirinya menerima suntikan vaksinasi Covid-19. Aslori mengaku dirinya sengaja datang ke Makodim 0710/Pekalongan selain menerima bantuan tunai sekaligus dirinya merasa mantap ingin mengikuti vaksinasi lansia. 

“Alhamdulillah setelah divaksin rasanya biasa saja dan tidak ada keluhan apa-apa, aman semuanya. Harapan Saya semoga setelah divaksin ini bisa sehat selalu dan bagi masyarakat maupun lansia seperti Saya, Ayo jangan ragu dan bisa ramai-ramai ikut program vaksinasi, karena vaksin ini halal dan aman untuk kekebalan tubuh kita dalam menghadapi virus Covid-19,” pungkasnya. (Miftachudin - Pekalongan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00