Stunting Ganggu Pertumbuhan dan Kemampuan Kognitif Anak

KBRN, Batang : Dampak dari stunting, ternyata tak hanya mengganggu pertumbuhan, namun juga berpengaruh pada kemampuan kognitif atau intelektualitas anak yang menurun.

Dengan angka stunting yang masih cukup tinggi, ini karena masa pertumbuhan anak sampai 1.000 hari pertama kehidupan, tidak terpantau dengan baik.

Kepala Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga DP3AP2KB Batang, Sri Eprileni menyatakan, stunting tidak hanya berpengaruh pada tinggi badan yang tidak sesuai standar, tetapi kepandaian anak pun akan berkurang.

“Kemungkinan anak akan menjadi kurang pandai ketika mengikuti pelajaran di sekolah. Di pendidikan berkurang, sehingga pemerintah pun harus berperan untuk mengarahkan tipe pembelajaran yang tepat bagi mereka,” tegasnya, saat menjadi narasumber dalam Pertemuan Penyusunan Regulasi Stunting, di aula Dinkes Kabupaten Batang, Senin (11/10/2021).

Di masa depan, lanjut dia, pemerintah juga harus menyediakan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan tingkat intelektualitas calon pencari kerja.

“Apalagi ada Kawasan Industri Terpadu (KIT), tujuannya supaya level manajer itu diisi warga Batang sendiri, jangan hanya level buruh. Makanya kita harus mencegah anak-anak dari stunting, dengan pemberian gizi yang baik, terhindar dari berbagai infeksi saat masa pertumbuhannya, sehingga otaknya bisa berkembang optimal, mendapat pendidikan yang baik, jadi generasi berkualitas,” harapnya.

Menurut dia, dari sisi ibu hamil telah memiliki kesadaran yang baik, karena rutin memeriksakan kandungannya.

“Yang kurang justru kesadaran dari para suami untuk mengantarkan istrinya memeriksakan kandungannya. Maksudnya tidak hanya mengantarkan saja, tapi suami ikut mendampingi saat bertemu tenaga kesehatan, sehingga mengetahui kondisi kehamilan istrinya,” imbaunya.

Ia menegaskan, tujuan utamanya, agar ketika terjadi sesuatu pada kandungan istrinya, ia mengetahui dan dapat memberikan solusi bersama secara tepat. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00