FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Turunkan Level PPKM, Dinkes Batang Sasar Vaksinasi Lansia

KBRN, Batang : Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang berupaya menurunkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level 3 ke level 2, dengan strategi meningkatkan capaian vaksinasi lansia dan masyarakat umum melalui peran Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Kepala Dinkes Kabupaten Batang, dr Didiet Wisnuhardanto mengatakan, penyebab utama naiknya level karena capaian vaksinasi yang masih kurang dari 50 persen untuk dosis pertama.

“Hari ini capaian vaksinasi masyarakat umum dosis 1 masih 30,68 persen, lansia 24,78 persen. Kalau capaian vaksinasi lansia naik, otomatis yang lain ikut naik,” ungkapnya saat ditemui, di PSC 119 Dinkes Kabupaten Batang, Senin (11/10/2021).

Ia menegaskan, untuk meningkatkan capaian vaksinasi lansia, rencananya dalam waktu dekat akan bekerja sama dengan Ormas baik Muhammadiyah maupun Nahdlatul Ulama.

“Alhamdulillah pagi tadi dari Muhammadiyah datang dan menyatakan siap membantu mencapai target,” bebernya.

Pihaknya telah mengajukan jumlah vaksin sebanyak 300 ribu, namun dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah baru merealisasikan sebanyak 19 ribu vaksin.

“Jenisnya AstraZeneca 14 ribu dan Sinovac 5 ribu yang sebagian besar untuk dosis pertama,” terangnya.

Sekretaris Pimpinan Daerah Aisyiyah Batang, Nur Laeli Endahwati mengutarakan, kesiapannya untuk mendukung capaian vaksinasi, sehingga upaya menurunkan PPKM ke level 2 dapat terwujud.

“Kami siap mendukung program Pemkab Batang, nanti akan menyampaikan imbauan kepada pengurus dan warga mulai dari tingkat ranting di desa, kelurahan hingga kecamatan, untuk bisa ikut berpartisipasi,” tegasnya.

AIsyiyah tetap berupaya semaksimal mungkin, untuk menyosialisasikan betapa pentingnya vaksinasi bagi kesehatan diri.

“Memang belum semua warga itu tahu, fungsi dari vaksinasi. Makanya kami terus menyampaikan sosialisasi di setiap kesempatan,” ujarnya.

Ia memastikan, dengan upaya yang maksimal Aisyiyah dapat meningkatkan capaian vaksinasi hingga 30%.

“Alhamdulillah selama ini warga kami sangat antusias dalam mengikuti vaksinasi baik yang dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan seperti Puskesmas maupun pihak Kodim dan Polres Batang,” tandasnya. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00