Cegah Covid-19, PMI Semprotkan Disinfektan Berbahan Limbah Buah

KBRN, Batang : PMI Kabupaten Batang memberikan perhatian lebih terhadap pencegahan Covid-19, sekaligus tetap peduli kelestarian lingkungan dengan menyemprotkan cairan disinfektan berbahan dasar limbah buah atau Eco Enzyme.

Penyemprotan dilakukan di beberapa jalan protokol di Kota Batang, antara lain : Jalan Veteran - Yos Sudarso - RE Marthadinata - Gajah Mada - Dr Wahidin - Dr Sutomo - A. Yani - Jenderal Sudirman - A Dahlan.

Penyemprotan dilakukan tepat pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 PMI dan diberangkatkan langsung oleh Bupati Batang Wihaji dari Jalan Veteran Kabupaten Batang, Jumat (17/9/2021).

“Ini patut diapresiasi karena bahan baku dari limbah buah yang ramah lingkungan dan tidak berefek apapun,” tuturnya.

Ketua PMI Batang, Achmad Taufiq menerangkan, Eco Enzyme dibuat dari limbah sayuran dan buah-buahan. Fungsinya untuk menekan penyebaran pandemi Covid-19 dan penyelamatan lingkungan.

“Tadi sudah diserahkan bantuan secara simbolis kepada 5 sekolah. Insyaallah sekolah dan madrasah lainnya akan kami edukasi supaya bisa memproduksi sendiri sebagai ekstrakurikuler dan dimanfaatkan di lingkungan sendiri,” ungkapnya.

Ia menegaskan, bahwa Eco Enzyme lebih alami dibandingkan disinfektan berbahan kimia. Dalam proses pembuatannya memanfatkan buah-buahan yang sudah tidak dapat dikonsumsi.

“Kami mengambil langsung di toko buah-buahan yang sudah kadaluarsa, sehingga tidak ada yang mubazir atau terbuang sia-sia,” tandasnya.(MC Batang Jateng/Heri) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00