FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Pentingnya Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil

KBRN, Batang : Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang saat ini sedang mempersiapkan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil. Vaksinasi penting untuk menjaga kesehatan. Sebelumnya, Dinkes melakukan pendataan terhadap ibu hamil yang dipetakan membutuhkan vaksinasi.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Kabupaten Batang dr Utariyah Budiastuti menyampaikan, Dinkes telah mengirimkan data ibu hamil untuk divaksinasi di bulan Agustus.

“Ada 2.880 ibu hamil yang direncanakan mendapatkan vaksinasi dengan usia kehamilan 14 - 33 minggu. Kegiatan serupa juga akan dilakukan pada bulan September mendatang,” terangnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/8/2021).

Dijelaskan, vaksinasi kepada ibu hamil dilakukan pada usia tersebut, karena dianggap usia kehamilan paling aman.

“Kalau tiga bulan pertama (12 minggu) adalah fase pembentukan janin, jadi di atas usia kehamilan tersebut merupakan paling aman untuk divaksinasi karena menghindari proses pembentukan organ-organ tubuh pada janin,” ujarnya.

Ia menegaskan, pihak Dinkes sedang menyiapkan vaksin Covid-19 sesuai jumlah ibu hamil.

“Pemkab Batang menginginkan supaya ibu hamil terlindungi dari Covid-19, makanya salah satu usahanya dengan divaksin,” harapnya.

Utari mengupayakan agar para ibu hamil bersedia untuk divaksinasi,dengan mengedukasi, melalui peran Puskesmas setempat.

“Kami akan terjunkan bidan-bidan untuk menyosialisasi pentingnya vaksinasi bagi ibu hamil. Mereka akan memberikan penjelasan, bahwa vaksinasi itu aman bagi ibu hamil,” imbaunya.

Sementara ini belum dapat memastikan waktu vaksinasinya, karena harus menunggu kiriman vaksin. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00