Menjaga Imunitas di Tengah Pandemi Penting

KBRN, Semarang : Menjaga imunitas di tengah pandemi menjadi hal penting yang perlu dilakukan. Terlebih saat ini varian virus baru Corona telah menyebar dan jumlah kasus COVID-19 cenderung meningkat di Indonesia.

Imunitas yang terjaga tentunya akan membuat tubuh tetap fit dan bugar. Dengan begitu, tubuh akan terlindungi dari infeksi virus dan penyakit. Melansir berbagai sumber, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan guna menjaga imunitas meliputi :

  1. Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Mengonsumsi makanan dan minuman sehat menjadi hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga imunitas. Misalnya dengan mengonsumsi lemak sehat di dalam minyak zaitun dan salmon untuk meningkatkan respons kekebalan tubuh. Konsumsi juga buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang kaya nutrisi dan antioksidan untuk membantu tubuh melawan patogen berbahaya.

Untuk menambah imunitas, Anda juga bisa mengonsumsi minuman sehat penambah imun seperti  jus, yoghurt, susu, atau jamu. Apalagi, kini ada banyak produk ekonomi kreatif dari UMKM lokal berupa makanan dan minuman sehat, yakni Bunatha Yoghurt, Rempah Karsa, dan Me Time Fresh.

 
  1. Istirahat Cukup

Istirahat atau tidur dengan kekebalan tubuh merupakan dua hal yang saling berkaitan. Pasalnya, kualitas tidur yang buruk sering berhubungan dengan kerentanan tubuh terhadap penyakit. Tak hanya itu, sebuah penelitian juga menemukan orang yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam akan lebih rentan terkena flu.

Selain membuat tubuh menjadi rileks, istirahat cukup juga dapat memperkuat kekebalan tubuh secara alami. Sistem kekebalan tubuh yang baik tentunya akan lebih baik dalam melawan penyakit. Untuk itu pastikan Anda tidur 7-8 jam atau lebih dan usahakan pada jam yang sama setiap malamnya. Biar tidur Anda makin nyenyak, cobalah untuk menggunakan pakaian tidur yang nyaman, salah satunya seperti koleksi piyama milik UMKM Denula Label atau daster dari Gusbeisaekung Batik.

  1. Kelola Stres

Sering stres karena pekerjaan? Hati-hati karena hal ini bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda. Bahkan, stres jangka panjang bisa meningkatkan peradangan dan ketidakseimbangan dalam fungsi sel kekebalan. Untuk itu, menghilangkan stres dan rasa cemas merupakan kunci untuk menjaga kesehatan kekebalan tubuh.

Beberapa kegiatan yang bisa membantu Anda mengelola stres antara lain meditasi, olahraga, atau yoga. Anda juga bisa melakukan hal-hal lain yang bisa membuat happy seperti nonton film-film lokal yang bisa meningkatkan mood dan rasa senang. Atau bagi Anda yang stres karena rindu liburan.

  1. Olahraga

Sebuah studi menunjukkan olahraga ringan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menariknya lagi, olahraga rutin dapat mengurangi peradangan dan membantu sel-sel kekebalan beregenerasi secara teratur. Adapun beberapa olahraga ringan yang bisa Anda lakukan, yakni bersepeda santai, berenang, jogging, jalan cepat, dan hiking ringan. Agar tubuh tetap bugar dan fit, lakukan salah satunya setidaknya 150 menit per minggu. Saat olahraga di luar, pastikan untuk selalu disiplin protokol kesehatan, termasuk menggunakan masker. Kini, ada banyak UMKM lokal yang menyediakan ragam masker kain, seperti DjedjakDaun, Klambiabite, dan Tioria by Caramia.

  1. Konsumsi Suplemen

Mengonsumsi suplemen kerap disebut dapat memperkuat respons kekebalan tubuh secara umum. Salah satunya dengan mengonsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi sel tubuh dari radikal bebas karena mengandung antioksidan. Anda juga bisa mengonsumsi vitamin D untuk mengoptimalkan kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain keduanya, beberapa suplemen lain yang juga penting bagi daya tahan tubuh antara lain zinc, vitamin E, dan vitamin B6.

Adapun ragam suplemen ini bisa didapatkan dari makanan dan minuman bernutrisi. Bahkan, saat ini ada berbagai UMKM yang menghadirkan minuman bernutrisi sebagai suplemen, seperti Namina Lemon dengan kandungan vitamin C. Ada juga campuran buah bit, semangka, dan apel dari Frutio yang mengandung vitamin C, A, dan B.

 
  1. Jangan Lupa Vaksin

Selain lima hal di atas, pastikan juga untuk melakukan vaksinasi. Saat ini, vaksinasi menjadi salah satu upaya yang digencarkan untuk meningkatkan imunitas. Pasalnya, di dalam vaksin terdapat bagian yang lemah atau tidak aktif dari antigen untuk memicu respons imun dalam tubuh seperti dikutip dari situs World Health Organization (WHO). Saat seseorang divaksinasi, mereka akan lebih terlindungi dari infeksi patogen penyebab penyakit. Bahkan, jika banyak orang dalam suatu komunitas telah divaksinasi maka akan semakin kecil pula orang-orang yang akan terpapar patogen. Hal inilah yang disebut dengan herd immunity.

(Health)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00