FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Cakupan Vaksinasi Kota Pekalongan Masih Jauh dari Target

KBRN, Pekalongan : Percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Pekalongan terus ditingkatkan. Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Kesehatan setempat berupaya mewujudkan target cakupan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Dr Slamet Budiyanto SKM MKes mengungkapkan, capaian vaksinasi Kota Pekalongan hingga kini baru terealisasi sebanyak 49.996 orang ( 21,4 persen)  untuk dosis pertama. Dosis kedua baru 26.196 orang (11.21 persen).

"Jumlah ini masih jauh dari target kami sebesar 233.663 orang yang divaksin. Untuk target kami setiap hari ingin sebanyak-banyaknya,karena keterbatasan vaksin yang ada, sehingga Dinkes hanya bisa memberikan berbagi antara dosis pertama dan dosis kedua," tutur Budi, Jumat (23/7/2021).

Budi menambahkan, untuk mencapai target cakupan vaksin, Dinas Kesehatan telah melakukan berbagai upaya di antaranya membuka layanan vaksinasi di sejumlah fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang setiap harinya menyasar paling tidak 50 orang. 

Pelayanan ini bekerja sama dengan TNI dan POLRI untuk akselerasi vaksinasi massal kepada masyarakat. Budi menyebutkan, saat ini vaksinasi yang ada di Dinas Kesehatan memang terbatas yakni tersisa 308 vial.

“Kalau targetnya 50 orang per fasyankes setiap harinya, tapi untuk peningkatan cakupan vaksinasi, kami menggunakan cara-cara serbuan vaksinasi massal. Terakhir stok vaksin yang di Dinkes 308 vial, kemudian kami masih punya vaksin dari OJK yang rencananya dilakukan pada Senin/ Selasa mendatang untuk 1.330 dosis," tandasnya.

Kemudian, vaksinasi yang bekerja sama dengan Polres Pekalongan Kota masih ada sekitar 500 vial atau untuk 5.000 dosis yang digunakan untuk pemberian vaksinasi dosis kedua. Sasarannya karyawan-karyawan pabrik, sedangkan pelaksanaannya dua minggu minggu kemarin, seperti di PT Sampoerna dan Dupan. (Miftachudin - Pekalongan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00