Juni, Disperindag Batang Targetkan Ribuan Pedagang Tervaksinasi Covid-19

KBRN, Batang : Disperindagkop dan UKM Kabupaten Batang menargetkan ribuan pedagang di seluruh pasar menerima vaksin di bulan Juni, untuk mewujudkan herd imunity. Karenanya, Dinas Kesehatan bersama Disperindagkop dan UKM menggelar vaksinasi khusus bagi para pedagang pasar.

Salah satunya Pasar Kota Batang yang sejak 21 - 24 Juni mendatang, akan memvaksin 1.500  pedagang.

Kepala Disperindagkop dan UKM Batang, Subiyanto mengatakan, vaksinasi juga telah dilakukan di pasar-pasar lain di Kabupaten Batang.

“Minggu lalu pedagang pasar Plelen, Warungasem, Limpung, Bandar sudah divaksin. Jumlah seluruhnya ada 10 ribu pedagang di delalpan pasar daerah dan tujuh pasar desa yang akan divaksin,” ungkapnya saat meninjau vaksinasi pedagang, didampingi Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan, Yuli Suryandaru, di Pasar Kabupaten Batang, Senin (21/6/2021).

Sebelum vaksin, para pedagang telah mendapat orientasi atau sosialisasi dari pihak Disperindag, jadi tidak perlu khawatir. Sebab, vaksin merupakan benteng diri agar tidak mudah terpapar Covid-19.

“Untuk hari pertama kami menyiapkan 300 vaksin, berikutnya menyesuaikan hingga tuntas. Proses vaksinasi akan dilakukan dimulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB,” kata Yuli.

Beberapa pekan lalu, lanjut dia, vaksinasi sudah dilakukan ke sejumlah pasar lain di Kabupaten Batang.

“Vaksin yang diberikan kepada para padagang pasar semuanya adalah dosis pertama, dan untuk dosis kedua akan dilakukan 28 hari kemudian di pasar,” terangnya.

Ia menambahkan, rencananya pada 26 Juni mendatang, Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Polres Batang juga akan menggelar vaksinasi massal untuk kalangan umum di GOR Sarengat dalam rangka Hari Bhayangkara.

“Sasarannya untuk 2.000 orang. Kami melibatkan 10 Fasyankes, di antaranya Pukesmas Batang I, II, III dan IV, Puskesmas Warungasem, RSUD Kalisari dan RS QIM, Dokkes Polres Batang, Dinkes Batang dan Klinik Kartika Kodim Batang,” bebernya.

Salah satu pedagang, Fatanah mengutarakan,  setelah divaksin merasa tenang. Namun, dirinya tetap waspada, dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan.

"Jangan takut disuntik vaksin, karena itu demi kesehatan kita semua, biar tidak mudah terkena Covid-19," ujarnya.  (Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00