Nakes Rumah Sakit Jepara Positif Covid-19 di Kabupaten Magelang

KBRN, Magelang : Seorang tenaga kesehatan (nakes) bagian analisis dari sebuah  rumah sakit di Jepara, terkonfirmasi positif Covid-19. Ia berasal dari Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang.

“Tenaga kesehatan  dari sebuah rumah sakit tersebut berinisial Y dan bekerja sebagai analis di rumah sakit Jepara. Dia pada waktu itu menyampaikan bergejala deman, kemudian dirapid antigen dulu di RSI Kota Magelang dan hasilnya dinyatakan  positif Covid-19,” kata Kasi Surveilans dan Imunisasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Dwi Susetyo.

Sebelum dinyatakan positif Covid-19, pasien berinisial Y tersebut saat pulang ke rumahnya di wilayah Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, menjalani rapid test antigen di RSI Kota Magelang dengan hasil positif.

Dwi mengatakan, Y kini menjalani isolasi mandiri di Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, setelah dinyatakan positif Covid-19.

Enam anggota keluarganya beserta seorang asisten rumah tangganya yang merupakan kontak erat, juga dilakukan swab PCR oleh petugas kesehatan Puskesmas Tempuran.

Swab PCR tersebut dilakukan, karena seluruh anggota keluarga tersebut mengalami gejala terpapar Covid-19, yakni demam, batuk dan pilek.

“Selama menunggu hasil swab, mereka diedukasi untuk melakukan isolasi mandiri dan Rabu (9/6/2021) malam. Hasil swab PCR keluar semuanya dinyatakan positif  terpapar Covid-19,” katanya.

Dwi menjelaskan,  tenaga kesehatan dari rumah sakit di Jepara tersebut menjalani isolasi mandiri di Kecamatan Magelang Utara. Sementara enam anggota keluarga lainnya dan seorang asisten rumah tangga menjalani isolasi mandiri di wilayah Kecamatan Tempuran.

Menurutnya, selain klaster keluarga, peningkatan jumlah orang yang terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Magelang, juga disebabkan adanya klaster pabrik. Seperti yang terjadi di wilayah Kecamatan Mertoyudan. Selain itu, ada juga klaster ibadah di wilayah Kecamatan Srumbung. (Dyas)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00