PMI Pati : Minim Donor Darah Dari Penyintas Covid-19

KBRN, Pati : Belakangan ini PMI Kabupaten Pati kewalahan melayani permintaan plasma konvalesen dari pasien Covid-19. Ini karena minimnya penyintas covid yang bersedia untuk mendonorkan darahnya. 

Meski PMI Pati sanggup mengambil donor darah plasma konvalesen untuk membantu penyembuhan pasien Covid-19, namun hingga pandemi corona sudah setahun lebih, masih sedikit penyintas covid yang bersedia  donor darah. 

“Beberapa saat lalu PMI Pati sudah melayani donor konvalesen, tapi sulit ya mendapatkan data penyitas Covid-19, yang bersedia donor darah, sehingga mempengaruhi kami yang ada di PMI.  karena tidak semua penyintas itu tahu golongan darahnya dan belum tentu setelah sembuh itu bersedia menjadi donor darah sukarela,” kata Humas Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Pati Syafaati, Sabtu (8/5/2021) pagi. 

Syafaati mengaku, selain tidak punya data penyitas Covid-19, sementara rumah sakit yang merawat pasien juga terbentur kode etik tidak bisa memberikan data ke PMI, karena donor darah sifatnya sukarela.

“Kalau penyintas yang sudah pernah ke sini untuk mendonorkan darahnya dari Januari hingga sekarang sudah ada 19 pendonor darah,” katanya.  

Khusus untuk plasma konvalesen ini, kata Syafaati, PMI tidak mengadakan stok (persediaan), karena memang prosesnya panjang dan harus segar untuk digunakan oleh pasien yang membutuhkan.

Namun, sepanjang ada yang sukarela, PMI siap untuk melakukan pengambilan donor darah plasma konvalesen. (Agus Pambudi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00