Swab Antigen Tetap Digelar di Rest Area

KBRN, Batang : Dinas Kesehatan Kabupaten Batang tetap mengarahkan para pendatang untuk mengikuti tes swab antigen di rest area KM 379 A Tol Batang - Semarang.

Pasalnya, jumlah personel tenaga kesehatan khususnya PSC 119 yang sebagian besar ditempatkan di rest area, untuk memberikan pelayanan swab gratis kepada pendatang. Sedangkan petugas di jalur pantura, hanya melayani P3K kepada pengemudi.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Batang, dr Zunuron mengatakan, sejak semula pelayanan swab antigen dilaksanakan di rest area KM 379 dan 360 Tol Batang - Semarang. Dengan tenaga kesehatan yang sudah siap yakni tim 119.

“Sedangkan petugas kesehatan yang disiagakan di jalur pantura, khusus melayani di bidang P3K saja. Jadi keputusan untuk tes rapid harus dikoordinasikan dengan pihak Dinas Kesehatan,” ungkapnya saat ditemui di Pos Pelayanan Alun-alun Batang, Sabtu (8/5/2021).

Alasan utamanya, lanjut dia, karena jumlah tenaga khusus swab yang sangat terbatas. Namun pelayanan swab tetap digelar di tiap Puskesmas yang telah disiapkan.

“Pelayanan swab antigen kami menyelenggarakan di tiap Puskesmas dengan nama Posko Rapid Pemudik, dengan tetap berkoordinasi dengan Satgas dan Pemerintah Desa setempat,” terangnya.

Ia mengimbau, sebelum melakukan perjalanan luar daerah, alangkah lebih baik mempertimbangkan, demi meminimalkan penularan Covid-19.

“Kalau memang ingin melakukan perjalanan ke luar daerah, siapkan segala sesuatunya. Seperti Surat Keterangan Telah Diperiksa Swab Antigen, karena hampir di tiap posko ada pemeriksaan,” tegasnya.

Apabila diketahui ada yang terindikasi Covid-19, nanti pengendara akan diminta untuk putar balik arah.

Jika di rest area ada tempat karantina akan diminta untuk dikarantina dulu,” tandasnya. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00