Selama Ramadan, Dinkes Kendal Tetap Lakukan Vaksinasi

KBRN, Kendal : Selama bulan Ramadan, vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kendal tetap dilaksanakan. Saat ini, vaksinasi masih fokus untuk kelompok lanjut usia dan pelayan publik.

Seperti vaksinasi lansia yang dilakukan di Kantor Sekretariat Takmir Masjid Purin Kecamatan Patebon pada Selasa - Rabu (13-14/04/2021). Ada 140 warga lansia yang pelaksanaan vaksinasinya dilakukan dua hari, yang per harinya 70 orang. 

Ketua Takmir Masjid Purin, Muhtarom mengatakan, pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar dan tidak ada satu pun yang mengalami gangguan. Oleh karena itu, ia berharap kepada warga lainnya untuk melakukan vaksinasi supaya tidak terkena virus Korona.

"Di sini, saya yang pertama kali divaksin dan Alhamdulillah tidak mengalami gangguan apa-apa, juga semua yang sudah divaksin tetap sehat," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Bonay mengatakan, telah memberi arahan kepada seluruh puskesmas dalam kegiatan vaksinasi selama Ramadan, yakni bisa dilakukan pada pagi hari pukul 7.00 sampai 11.00 atau malam hari setelah salat Tarawih.

Pasalnya, orang yang akan divaksin dipastikan kondisi tubuhnya sehat dan fit. "Kalau malam hari sebaiknya dilakukan setelah salat Tarawih, karena waktunya lebih santai dan tidak mengganggu kegiatan ibadah salat tarawih," ujarnya. 

Feri sapaan akrab Ferinando mengatakan, sesuai target dari pemerintah, untuk jumlah total sasaran yang harus divaksin di Kabupaten Kendal sebanyak 135 ribu orang.

Sampai saat ini yang sudah divaksin sebanyak 26.188 orang atau sekitar 19 persen dari jumlah total sasaran. Khusus untuk kelompok lansia, total sebanyak 77.000 orang. "Hingga saat ini lansia yang sudah divaksin baru sekitar 12.000 orang," katanya.

Pelaksanaan vaksinasi bagi lansia tidak ada kendala, karena vaksinasi dilakukan dengan jemput bola supaya lebih dekat dengan sasaran, seperti di balai desa, halaman tempat ibadah atau tempat lainnya.

Tiap puskesmas telah menyiapkan dua tim petugas vaksinasi, yakni satu tim untuk pelayanan vaksinasi di puskesmas dan satu tim lagi untuk melakukan pelayanan vaksinasi di luar puskesmas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00