Bulan Ramadan, Dinkes Blora Tetap Lakukan Vaksinasi

KBRN, Blora : Vaksinasi Covid -19 akan terus digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Blora di bulan Ramadan tahun ini. Plt Kepala Dinas Kesehatan, Edi Widayat mengungkapkan, sesuai fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) vaksinasi Covid-19 tidak dilarang di bulan Ramadan. 

"Vaksinasi di bulan Ramadan tidak masalah. Fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) sudah jelas, boleh dilakukan vaksinasi di siang hari," kata Edi Selasa (6/4/2021). 

Sebagai pelaksanaannya, Edi mengaku vaksinasi bisa digelar pagi maupun malam hari. Tergantung kondisi dari pasien. "Plan pertama dilakukan di pagi hari, Plan kedua kalau memang itu tidak memungkinkan kondisi pas pagi hari, bisa dilakukan malam hari, itu nanti kondisional," ucapnya. 

Edi pun berharap, agar masyarakat tetap mau divaksin saat Bulan Ramadan nanti. Sebab vaksinasi ini sebagai upaya percepatan untuk menekan angka persebaran virus Corona. 

"Kami berharap masyarakat tetap mau divaksin. Toh dari MUI juga tidak melarang," terangnya. Vaksinasi di Kabupaten Blora kini baru menyasar sebanyak 24 ribu orang dari jumlah sasaran 50 ribu lebih.

"Masih jauh, mau percepatan juga gak bisa karena pengadaan vaksin satu pintu dari pusat. Jadi begitu kami dapat, langsung dilakukan vaksinasi, begitu saja," pungkasnya. 

(Ramananda)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00