Perpani Pemalang Jaring Pemanah Muda Berbakat

Pemalang - Kabupaten Pemalang kini memiliki tempat latihan panahan baru di lapangan Dr H Junaedi, berlokasi di sebelah timur Sirkuit Pantai Widuri, Kelurahan Widuri, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang. Tempat ini disiapkan untuk melatih pemanah muda dan menjaring atlet pemanah yang berbakat bisa berkompetisi di tingkat regional maupun nasional. 

Ketua Perpani Kabupaten Pemalang, Joko Widodo mengatakan, penjaringan atlet panahan yang berusia muda dan berbakat kini sedang dilakukan. Perpani membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin mendaftar latihan memanah, terutama para pelajar. Apalagi dengan dibangunnya tempat latihan baru yang memadai, akan menarik minat bagi pemanah pemula yang ingin serius berlatih. 

"Kami sangat terbuka bagi masyarakat yang ingin bergabung untuk mengembangkan skill dalam memanah, sekaligus menjaring atlet muda berbakat," kata Joko saat ditemui di lapangan panahan. Di Kabupaten Pemalang, Perpani berkegiatan aktif sejak tahun 2016. Namun, kepengurusan secara resminya setelah mendapatkan SK dari Pengurus Provinsi Perpani Jawa Tengah pada tahun 2020. 

Pihaknya menjelaskan, para pemanah dulunya berlatih di SLB 1 Pemalang, kemudian berpindah ke stadion Mochtar. Seiring berjalannya waktu, stadion Mochtar dipugar, akhirnya tempat latihan berpindah ke area Sirkuit Widuri. Saat ini pemanah yang ikut berlatih sebanyak 30 orang, yang terdiri dari pelajar dan umum. Mereka berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Pemalang. 

Sedangkan, jadwal latihan memanah akan diadakan setiap sore, yaitu dari hari Senin sampai Sabtu. " Latihannya setiap sore dimulai pada pukul 15.00 WIB, harinya dari Senin sampai Sabtu," katanya. Dengan berolahraga panahan, maka banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh. Selain untuk kesehatan fisik, panahan juga bisa mengembangkan kepercayaan diri. 

"Banyak sekali manfaatnya loh jika kita sering melakukan olah raga panahan, diataranya meningkatkan kesabaran, meningkatkan fokus atau konsentrasi, dan membangun kepercayaan diri." ujarnya. Joko kembali mengajak masyarakat dan Pemkab Pemalang untuk ikut membantu  agar olahraga panahan bisa berkembang dan bisa membawa nama baik Pemalang di bidang olahraga panahan.(Ts)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00