Tips Olahraga Dimasa Pandemi

KBRN, Semarang : Olahraga pada masa pandemi dapat menjaga imunitas tubuh untuk perlindungan diri dari Covid-19. Namun terdapat perbedaan pola berolahraga pada masa pandemi dan ketika waktu normal.

Dosen  Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang (FIK Unnes) Anggit Wicaksono,  S.Pd., M.Pd, kepada RRI menerangkan, pada masa pandemi sebaiknya olahraga dilakukan dengan itensitas sedang. Jika itensitas olahraga terlalu berat dikhawatirkan, tubuh akan lelah dan malah menurunkan imunitas tubuh.

“Dimasa pandemi olahraga sangat penting untuk meningkatkan imun tubuh, tetapi jika itensitas olahraga tinggi malah dapat membuat imun tubuh melemah,” jelasnya, Senin (21/9/2020).

Olahraga yang cocok dimasa pandemi lanjut Anggit, sebaiknya dilakukan dari rumah agar tidak terjadi kerumunan. Diantaranya, push up, sit up, squats dan lari-lari kecil dirumah.

“Kalau bersepeda sebaiknya pakai sepeda statis dirumah, karena kalau keluar rumah akan sulit menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak pakai masker,” ujarnya.

Anggit menerangkan, olahraga intensitas sedang dengan mengunakan 50 hingga 70 persen dari detak jantung maksimal. Cara mengukurnya, 220 dikurangi dari usia.

“Misalnya usia 20 tahun detak jantung maksimalnya 200. Jika rutin dilakukan bagus untuk kesehatan dan menjaga imunitas tubuh,” paparnya.

Menurut Anggit, tips agar dapat rutin berolahraga bagi pekerja yakni dengan membuat jadwal rutin. Selain itu, juga mengajak beberapa teman untuk olahraga bersama meski secara virtual.

“Untuk rutin olahraga bisa membuat jadwal, hari apa jam berapa ditulis untuk memotivasi diri sendiri. Jika masih sulit, ajak teman untuk olahraga meski virtual. Jadi saling kabar untuk memulai olahraga,” ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00