Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan Jateng Piala IV Bupati Jepara

KBRN Semarang : Sebanyak 732 atlet renang dari 70 klub di Jawa Tengah ikut memeriahkan Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan (Krapprov) Jateng Piala IV Bupati Jepara Tahun 2022 yang berlangsung selama tiga hari, yakni 1 – 3 Juli di kolam renang Jepara Olympic Pool kompleks Stadion Gelora Bumi Kartini.

Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta Buka Acara Krapprov.

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta menandai pembukaan laga tersebut dengan pemukulan gong, Jumat (1/7) siang. Kepada seluruh peserta Edy berpesan untuk menampilkan kemampuan terbaiknya, serta senantiasa menjunjung tinggi sportivitas, baik atlet, ofisial maupun para pendukung. “Selamat datang dan bertanding di Jepara,” ujarnya.

Kedatangan mereka ke Kota Ukir diharapkan tidak sekadar untuk bertanding. Namun, sekaligus bisa mengunjungi sejumlah destinasi, mengeksplorasi pariwisata, budaya, serta ekonomi kreatif. Pihaknya pun secara khusus memberikan fasilitasi masuk objek-objek wisata yang dikelola Pemkab Jepara. “Silakan bertanding dengan baik, dan menikmati wisata yang ada di Jepara,” tutur Edy.

Prosesi pembukaan Krapprov Jateng 2022 dilanjutkan dengan pemberian tanda aba-aba pertandingan. Di atas balok-balok start tampak sepuluh atlet putri bersiap. Setelah terdengar komando “Take Your Marks!” dari Pj. Bupati Jepara, atlet-atlet ini langsung terjun masuk ke lintasan kolam. Mereka bersaing menjadi yang tercepat di nomor 100 meter gaya bebas.

Dalam pembukaan turnamen ini, Pj. Bupati Jepara bersama unsur Forkopimda berkesempatan mengalungkan medali ke beberapa pemenang. Tampak mendampingi Sekda Jepara Edy Sujatmiko, Ketua Umum Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jateng Hartadi Noertjojo, Ketua Umum KONI Jepara Syamsul Anwar, Ketua Umum Pengkab PRSI Jepara Ajar Tri Raharja, serta Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Krapprov Jateng 2022 Arif Darmawan.

Disampaikan Ketua Panpel Arif Darmawan, Krapprov Jateng 2022 merupakan wadah pembinaan sekaligus peningkatan prestasi atlat renang. Kegiatan ini pun masuk ke dalam kalender PRSI Jateng, sebagai ajang kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Tahun 2023. Sehingga pencapaian catatan waktu para atlet peserta bakal diakumulasikan untuk Porprov nanti. “Insyallah Porprov Jateng 2023 untuk cabor renang diselenggarakan sekitar September atau Oktober di tempat ini juga,” terangnya.

Krapprov tahun ini bertajuk Berlomba dan Berwisata. Terdapat 732 atlet peserta yang mengikuti, mulai dari kelompok umur 6 tahun sampai dengan senior. Jumlah itu tercatat lebih banyak dibandingkan ajang serupa sebelumnya. Dikatakan, pada Krapprov Jateng Piala Ke III Bupati Jepara Tahun 2019 diikuti sekitar 650 peserta.

Peningkatan tersebut diklaim memberikan efek berganda terhadap perekonomian masyarakat. Di sektor pengiapan semua okupansinya penuh, bahkan telah dipesan jauh-jauh hari. Kondisi ini juga terjadi di rumah-rumah penduduk yang turut disewakan. “Itu salah satu dampak positif, di samping penginapan tentu saja multiplier effect yang lain juga terasa,” ungkap Arif.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov PRSI Jateng Hartadi Noertjojo menyampaikan apresaisi kepada seluruh pihak atas terselenggaranya ajang ini. Selain sukses juga berlangsung meriah. Harapannya lahir atlet-atlet muda yang menjadi kebanggaan bangsa. Karenanya, kompetisi tersebut diminta agar bisa dimaknai secara lebih luas. “Kejuaraan ini tak sekadar soal menang atau kalah, tapi ada makna pendidikan di dalamnya. Sekaligus memahami arti konsep ukhuwah dalam agama kita,” ujarnya.

Rampung agenda pembukaan, Pj. Bupati Jepara bersama rombongan menyempatkan diri mengunjungi bazar produk UMKM. Lokasinya berada di halaman area kolam. Selain berkomunikasi dengan para penjual, ia pun membeli beberapa dagangan mereka, lalu dibagikan kepada pengunjung. (DiskominfoJepara/Sigit)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar