Wabup Safin Gelorakan Sport Tourism

KBRN, Pati : Wisata tidak hanya dengan menghadirkan keindahan atau kuliner semata, tapi melalui olahraga, bisa menjadi wahana untuk mendatangkan wisatawan, baik luar maupun dalam negeri. Seperti halnya yang kini mulai direncanakan Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, untuk menjadikan olahraga sebagai sarana untuk berwisata.

Dalam beberapa hari mendatang, 20 hingga 22 Mei dan 27 hingga 29 Mei 2022 mendatang, Saffin Pati Sport School (SPSS) akan menggelar ajang Saffin Elite Academy Tournament 2002. Penyelenggaraan tersebut, sebagai upaya untuk mengenalkan wisata olahraga di Kabupaten Pati. Turnamen itu sendiri, akan berlangsung di training ground Gelora Soekarno, Mojoagung.

Menurut Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin (Saffin) selaku pemilik SPSS, selain potensi olahraga dengan keberadaan training ground Gelora Soekarno, di Desa Mojoagung juga ada potensi wisata wisata religi, kuliner, dan seni budaya. “Kebetulan ini moment 20 Mei, Hari Kebangkitan Nasional, kita undang dari Bali, Tangerang, BSD, Banjarnegara dan beberapa daerah lain untuk mengikuti turnamen. Dan ada keinginan menyelenggarakan turnamen tingkat internasional, untuk saat ini antar akademi. Untuk saat ini ada 11 akademi, dan yang akan datang ada 12 klub akademi,” jelasnya.

Saffin mengatakan, penyelenggaraan kegiatan ini merupakan upaya untuk mempromosikan Pati dengan olahraga. Karena wisata itu bukan hanya alam, tapi bisa juga olahraga. Ini juga bagian dari promosi dengan even-even yang tidak memberatkan pemerintah kabupaten. “Ya ini sport tourism, ya tentunya kita membantu masyarakat. Kan nanti ada warung-warung masyarakat yang bergerak, homestay yang bergerak,” jelasnya.

Pemilik Klub Akademi Young Warrior BSD City Michael Jantzen menilai, penyelenggaraan turnamen oleh Saffin Pati Sport School merupakan kegiatan yang baik, terutama dari sisi fasilitasnya. “ Fasilitanya yang ada di sini bagus. Dan pengalaman anak-anak bagus sekalian berwisata, karena spot-sport wisata di Pati juga bagus, termasuk pembinaannya,” katanya.

Fasilitas di SPSS, khususnya olahraga sepak bola di training ground ini, selain ada tujuh lapangan yang siap dalam satu kompleks, empat lapangan rumput alami, dua lapangan rumput sintetis dan satu lapangan pasir pantai hingga gym center.

Kabupaten Pati khususnya Desa Mojoagung juga akan semakin dikenal sebagai destinasi wisata olahraga, dengan turnamen internasional yang melibakan akademi sepakbola dari luar negeri, Desember 2022 nanti.

Pekan pertama Safin Elite Academy Tournament (20-22 Mei 2022), akan dipertandingan untuk kelompok umur (KU) U-14 dan U-15. Sedangkan pekan kedua (27-29 Mei 2022) akan dipertandingkan U-17 dan U-19.

Untuk kelompok U-14, akan bersaing sebanyak delapan tim. Grup A akan diisi oleh Young Warrior FA (Tangerang), Salfas (Tangerang), Diklat Merden (Banjarnegara) dan Asiana (Jakarta). Dan di Grup B, akan bertanding Farmel (Tangerang), Putra Dewata (Bali), Peropi Elti (Yogyakarta) serta tuan rumah Safin Pati Sports School. Dua tim teratas masing-masing grup akan bertemu di babak semifinal dan dilanjutkan dengan laga final. Di kelompuk U-15, akan digelar dengan sistem round robin dengan total peserta pada kategori ini adalah sebanyak enam tim. Akan bersaing di U-15 ini adalah Persido (Demak), Safin Pati A, Diklat Merden, Diklat Diponegoro (DDM) Semarang, Safin Pati B dan Raga Negeri FA (Jakarta).(Agus Pambudi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar