SMPN 3 Batang Kembali Raih Juara Umum Popda

KBRN, Batang : SMPN 3 Batang kembali meraih juara umum pada gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2021, dengan raihan 60 trofi dan 28 medali emas dari berbagai macam Cabang Olahraga (Cabor).

Kepala SMPN 3 Batang, Bambang Purwantyono mengatakan, prestasi tersebut sangat membanggakan, karena telah tujuh kali berturut-turut menjadi juara umum di tingkat Kabupaten Batang.

“Trofi yang diraih pada juara umum sejak kejuaraan Popda tahun 2017 dan 2020, maka sekarang sudah menjadi piala tetap SMPN 3. Mulai periode berikutnya trofi juara umum akan kami terima dari Disparpora Kabupaten Batang,” terangnya usai upacara penerimaan trofi dari para atlet kepada sekolah di halaman SMPN 3 Kabupaten Batang, Sabtu (4/12/2021).

Ia mengapresiasi salah satu anak didiknya Faza Purnomo Naila Zulfa yang berprestasi di Cabor panahan di Popda Provinsi Jawa Tengah, Popda Kabupaten Batang.

“Faza ini luar biasa, latihan panahan rutin dengan arahan dari pelatihnya penuh semangat dan kedisiplinan. Dalam gelaran Popda dia meraih kejuaran luar biasa dari berbagai kategori diborong semua,” ungkapnya.

Ia mengharapkan, prestasi yang telah diraih ini dapat ditingkatkan hingga menjadi atlet panahan nasional.

Mursito Adi, selaku guru olahraga menuturkan, prestasi yang diraih atlet-atlet pelajar SMP 3 ini berkat dukungan pihak sekolah yang mengarahkan mereka ke klub sesuai Cabor yang ditekuni.

“Kami selalu memantau agar anak itu tetap latihan,” terangnya.

Ia menerangkan, 28 medali dan 60 trofi yang diraih anak didik berasal dari berbagai Cabor antara lain : pentanque, panahan, renang, pencaksilat, taekwondo, bola voli, karate dan basket putra.

“Walaupun pandemi anak-anak tetap semangat latihan, karena pola pikirnya sudah menjurus prestasi untuk sekolah. Tetap semangat berlatih, karena kedepan masih banyak perlombaan, salah satunya akan diikutkan ke kejuaraan Popda 2022 Tingkat Provinsi Jawa Tengah, khusus para peraih juara 1 atau medali emas," tandasnya.

Atlet panahan pelajar putri, Faza Purnomo Naila Zulfa kelas VII, mengutarakan, prestasi yang diraih ini berkat ketekunannya dalam berlatih olahraga panahan sejak kelas 2 SD dan didukung sepenuhnya oleh kedua orang tua.

“Pertama memang diarahkan orang tua dulu, lama kelamaan suka, akhirnya termotivasi sendiri. Saya ingin membanggakan orang tua dan sekolah dan untuk masa depan yang lebih baik,” ungkap siswi yang bercita-cita ingin menjadi anggota tim nasional olahraga panahan.

“Medali yang diraih untuk Popda Jateng 2 perunggu dan 1 perak, Popda Kabupaten Batang 4 emas, dengan kategori jarak meter, 40 meter dan 30 meter,” bebernya.

Selama pandemi, dalam mengatur pola latihan, jika jarak dekat cukup di rumah, lalu latihan fisik yakni push up, plank dan sit up serta latihan menarik busur panah.

“Pelatihnya dari kecil ayah saya sendiri, dibantu klub latihan panahan di Batang. Rencananya kedepan memang pingin jadi atlet nasional,” ujarnya.

Untuk mengatur waktu belajar dengan latihan, ketika ada tugas setiap hari, diatur tidak berbenturan dengan waktu latihan.

“Paginya mengerjakan tugas dulu, baru latihan. Karena sudah terbiasa, jadi tidak capek. Buat teman-teman yang mau jadi atlet apapun Cabornya, semangat terus yang penting latihan terus, jangan lupa sama tugas sekolahnya,” tandasnya. (MC Batang Jateng/Heri) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar