Sambangi Atlet di Papua, Ridwan Kamil Ungkap Resep Jadi Juara Umum

KBRN, Semarang : Jawa Barat keluar sebagai Juara Umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua dengan meraih 133 emas, 102 perak dan 118 perunggu. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai, raihan juara umum merupakan hasil proses pembinaan kepada atlet beserta offisial sejak masa persiapan mengikuti PON XX.

“Resep Jawa Barat hanya satu yaitu pembinaan yang konsisten dan dimana kami menemukan bibit-bibit ini. Biasa kami menemukan di event – event mengingat Jawa Barat hobi mengelar event olahraga. Itu  mulai dari pekan olahraga daerah, pekan olahraga provinsi, pekan olahraga pelajar, pesantren dan lain – lain,” kata Ridwan usai mengunjungi atlet Jawa Barat di Papua, Sabtu (16/10/2021).

Ia menjelaskan, proses perekrutan atlet dimulai melalui event olahraga tingkat sekolah, Kabupaten Kota, Provinsi hingga pesantren. Selanjutnya, para bibit atlet didorong untuk masuk ke sekolah pendidikan latihan olahraga pelajar untuk dibina sambil tetap sekolah.

“Lalu 4 tahun terakhir kami sedang melakukan eksperimen sport sains dimana mengkombinasikan ilmu ketubuhan fisik dengan prestasi. Semisal dengan oksigen tipis lalu sel darah merahnya lebih banyak dan itu membantu saat bertanding. Hal-hal itulah yang menjadikan Jawa Barat meraih prestasi seperti ini. Kami juga optimis di PON XXI di Sumatera dan Aceh kami akan tetap meraih juara umum,” jelas Kang Emil sapaan akrabnya.

Kang Emil juga mengungkapkan, para atlet atlet PON XX akan disambut oleh pemerintah dan masyarakat Jawa Barat kemudian diupacarakan di Gedung Sate. Kemudian juga terdapat acara pembagian bonus untuk para atlet.

“Lalu yang buat kami juga senang adalah kami menang bukan di tanah sendiri dimana sebelumnya disebut di Jawa Barat, tapi kini di tanah Papua. Sedangkan untuk bonus nanti kami siapkan cuma mungkin berkisar ratusan juta, menyesuaikan dengan kategori olahraganya,” tambahnya.

Selain mengunjungi para atlet, Kang Emil di Papua juga mengelar silaturahmi dengan kepala daerah di bumi Kasuari. Di antaranya mengunjungi Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw dan Wakil Gubenur NTB, DR Sitti Rohmi Djalillah.

“Saya belum pernah. Mohon diajari (cara makan buah pinang),” kata Kang Emil ketika disuguhi buah pinang oleh Bupati Jayapura.

Bupati Jayapura lantas mengambil sebutir pinang dan menunjukan cara memakannya dan diikuti Ridwan Kamil.

“Bisa dikupas dulu, atau langsung (dimakan),” ucap Mathius. “Saya ikut adat bapak saja gimana,” timpal Ridwan Kamil.

Mathius menjelaskan bila suguhan pinang dan sirih selalu ada di rumah orang Papua, terutama di rumah adat. Menurutnya, mengunyah pinang menjadi tradisi turun-temurun masyarakat Papua karena akan menguatkan gigi dan gusi.

“Ini (makan pinang) untuk menghangatkan suasana dan membangun persaudaraan,” tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00