Wasit Berlisensi, Harus Patuhi dan Taati Statuta Askab PSSI

KBRN, PATI : Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Pati menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama wasit dan pengawas pertandingan di aula BKPP Pati, Rabu (15/9/2021). Ini berkaitan dengan rencana persiapan pertandingan kejuaraan sepakbola liga top score yang direncanakan Oktober mendatang. 

Askab PSSI Pati memandang perlu membenahi Komisi Wasit. Karena wasit akan menentukan baik buruknya selama berjalannya pertandingan. Minimal perwasitan harus sesuai dengan prosedur organisasi dan penugasannya harus sepengetahuan Ketua Umum Askab PSSI setempat.

Diwawancara di sela-sela  rakor, Wakil Ketua Askab PSSI Pati Hayyin Nu`man mengatakan, selama ini memang dalam penugasan wasit ada yang belum sesuai dengan ketentuan organisasi. Untuk itu, perlu pembenahan untuk dituangkan dalam statuta terkait dengan aturan-aturan yang harus diikuti dan ditaati anggota.

“Setiap wasit bertugas harus sepengetahuan dan seizin Askab, tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Karena sebelumnya banyak terjadi, kami dari pengurus tidak tahu, tiba-tiba kita ditegur dari Asprov PSSI,” ujarnya.

Menurut dia, Askab PSSI Pati hanya mewadahi wasit-wasit yang sudah berlisensi saja. Di luar itu bukan menjadi ranah Askab PSSI. Dan para wasit berlisensi memiliki hak untuk memimpin pertandingan yang diselenggarakan Askab maupun PS-PS selama ada permintaan dari penyelenggara.

“Untuk mereka yang bvelum berlisensi kita berusaha merangkul, yang mana pada akhir tahun kita akan mengadakan atau pelatihan lisensi untuk wasit,” kata Hayyin.

Untuk kompetisi sepak bola, seperti Liga Top Score Askab, masih proses dan menunggu izin dari Satgas Penanganan Covid-19. Rencananya, kompetisi dimulai pada 28 Oktober 2021. (Agus Pambud)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00