Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal Bikin Industri Pakan Ternak

KBRN, Kendal : Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Terbuka Kelas IIB Kendal membangun industri pakan ternak guna mencukupi kebutuhan pakan ternak yang dikelolanya. Peresmian industri pakan ternak ini dilakukan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kanwil Kemenkumham) Jawa Tengah, Yusparhuddin, Senin (18/10/2021) sore.

Kepala Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal, Rusdedy mengatakan, pendirian industri pakan ternak ini, setelah melakukan study banding di Solo yang ternyata dengan membuat pakan ternak sendiri, keuntungan dari memelihara ternak bisa lebih besar. Dengan demikian, hasil tanaman jagung bisa dimanfaatkan lebih optimal. "Lahan seluas 7,5 hektar di Lapas ini ditanami jagung dan tanaman lain, juga untuk memelihara beberapa jenis ternak, sehingga bisa dijadikan pertanian dan peternakan terpadu," jelasnya.

Rusdedy mengatakan, pengalaman memelihara ternak sapi dan kambing membutuhkan biaya yang cukup tinggi untuk membeli pakan, sehingga tidak membawa keuntungan. Maka dengan membuat pakan sendiri, akan mengurangi biaya untuk membeli pakan. "Kami membuat pakan ternak sendiri, karena seperti yang di Solo ternyata untungnya cukup besar," ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Jawa Tengah, Yusparhuddin mengatakan, pendirian industri pakan ternak ini merupakan satu inovasi dan terobosan yang luar biasa di tengah harga pakan ternak yang mahal. Dengan membuat pakan ternak sendiri yang bahan bakunya dari jagung hasil panen sendiri, maka akan mengurangi pengeluaran untuk kebutuhan pakan ternak. "Dengan sistem pertanian dan peternakan terpadu, tentunya akan mengurangi pengeluaran," katanya.

Dia mengatakan, program di Lapas Terbuka dengan berbagai kegiatan, seperti budidaya pertanian, perkebunan dan peternakan ini tujuannya untuk memberikan bekal keterampilan bagi warga binaan. Dengan demikian, setelah warga binaan kembali ke masyarakat, maka sudah memiliki bekal keterampilan yang bisa dijadikan untuk usaha. "Tujuan utamanya untuk memberikan bekal keterampilan, supaya setelah keluar dari Lapas bisa mandiri," katanya.

Inovasi lainnya di Lapas Terbuka Kendal, di antaranya membuat cafe yang dilengkapi beberapa gazebo dan tempat bermain anak-anak. Area cafe ini dijadikan tempat atau ruang tunggu bagi keluarga warga binaan saat berkunjung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00