Studi Banding ke Batang, Pemkab Pidie Terinspirasi Layanan MPP

KBRN, Batang : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie, Provinsi Aceh melakukan kunjungan studi banding ke Kabupaten Batang, karena terinspirasi dengan kemudahan Mal Pelayanan Publik (MPP) bagi masyarakat.

Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud menyampaikan, kunjungan studi banding ini hasilnya nanti untuk mempermudah sistem perizinan agar masyarakat terlayani dengan cepat.

“Setelah kami lihat, memang banyak hal yang bisa dipelajari di Kabupaten Batang. Untuk perbedaan kultur, tidak masalah, karena fokus kami pada sistem pelayanan yang bisa diterapkan di mana saja,” terangnya usai melakukan studi banding di ruang Command Center Kabupaten Batang, Kamis (7/10/2021).

Terkait desain, tentu akan ada perbedaan, karena dari suasana lingkungan pun berbeda. Yang menjadi konsentrasi adalah melalui studi banding ini dapat mempermudah pelayanan kepada warga di Kabupaten Pidie.

“Tugas utama pemerintah kan berupaya memudahkan masyarakat, yang lain tentu tidak ada urusannya. Seperti contohnya di Batang ini sudah lengkap, mulai dalam kandungan sampai meninggal sudah diurus,” tegasnya.

Menurut dia, langkah-langkah yang sudah ditempuh Pemkab Batang perlu ditiru dan diterapkan bagi masyarakat Pidie.

“Kalau sistem yang lebih baik pasti kami tiru, yang penting izin dengan Pak Bupati. Sebab Pemda kami ingin tampil secara sempurna dalam memberikan pelayanan,” bebernya.

Ia mengakui ada beberapa aplikasi yang sama dan sudah diterapkan. Namun ada aplikasi lain yang masih harus dipelajari.

“Lihat saja di dalam Mal Pelayanan Publik tadi ada 329 urusan terkumpul dalam satu tempat,” sanjungnya.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, dalam kunjungannya tadi ada hal yang menjadi perhatian yakni saling berbagi pengalaman dalam pelayanan melalui MPP.

“Kalau memang sistemnya sama dengan kulturnya, kami tidak mempermasalahkan. Ini sudah sesuai dengan anjuran dari Kementerian PAN-RB, terkait MPP,” ungkapnya.

Hal lain yang menjadi fokus Pemda Pidie adalah Perhubungan di Kabupaten Batang.

“Kami mempersilakan Pemda Pidie untuk studi tiru di Pemda Batang dengan berbagai layanan publik. Demikian pula kami pun meniru kelebihan yang ada di Pidie, sebab semua pasti punya kelebihan masing-masing,” tandasnya. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00