SMKN 3 Kendal Launching Digital Platform sekolahjuragan.com

KBRN, Kendal : SMK Negeri 3 Kendal melaunching E-commerce yang diberi nama sekolahjuragan.com, Kamis (30/9/2021). Platform digital ini memberikan kemudahan berbelanja secara online produk lokal milik siswa dan guru, serta UMKM di wilayah Kecamatan Singorojo Boja dan Limbangan (Siboli).  

Sekolahjuragan.com ini dibangun oleh 10 siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dengan bimbingan guru. Kepala SMKN 3 Kendal Agus Basuki  berharap, UMKM dan sekolah di Kendal yang menghasilkan produk apapun bisa dipasarkan lewat e-commerce ini. 

Tujuan pembuatan e-commerce ini agar siswa SMK bisa memajukan ekonomi dan UMKM di wilayah Siboli dan Kendal pada umumnya. Saat ini yang sudah bergabung ada  13 UMKM dengan berbagai macam produk. "Nanti kedepan, siswa-siswa itulah yang akan menangani, kemudian SMKN 3 ini sebagai pemiliknya," katanya.

Di sisi lain, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah wilayah XIII Ernest Ceti Septyanti mengatakan, sekolahjuragan.com ini pasti akan membantu masyarakat. Bisa dimanfaatkan pelaku usaha di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Terkait dengan hal ini/ kualitas produk harus diperhatikan, termasuk kemasan setiap produk yang dijual harus kreatif. 

 "Dengan adanya E-commerce yang dikembangkan SMKN 3 Kendal ini membantu untuk memasarkan produk-produk lokal dari kecamatan. Jadi, keberadaan SMKN 3 ini memberikan dampak positif terhadap masyarakat di sekitar, mengangkat tingkat ekonomi mereka, karena pemasaran produk-produk lokal ini bisa diakomodir di dalam E-commerce yang dikembangkan oleh SMKN 3 ini," ujarnya.

Sugeng pemilik usaha kopi mengaku terbantu dengan platform digital ini, sebagai pelaku usaha kecil, sekolahjuragan.com bisa membantu memasarkan produknya bisa dikenal lebih luas lagi. "Kami pelaku UMKM sangat mendukung dan terbantu dalam pemasarannya," katanya.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00