JDIH Batang Kembali Raih Peringkat Kedua Jateng

KBRN, Batang : Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Batang kembali meraih peringkat kedua Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021.

Pemeringkatan dilakukan tiap tahunnya oleh Biro Hukum Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Batang selalu mengikutinya. Penghargaan diserahkan langsung Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah Iwannudin Iskandar, secara virtual.

Proses seleksi meliputi beberapa penilaian, di antaranya dari sisi administrasi, kinerja dan tempat atau sarana prasarana penunjangnya.

“Dari ketiga sisi tersebut, alhamdulillah Kabupaten Batang tahun ini meraih juara kedua tingkat Jawa Tengah,” ungkap Kepala Bagian Hukum, Setda Batang, Bambang Suryantoro S, saat dihubungi melalui WhattsApp, Senin (30/8/2021).

Dia menjalaskan, keunggulan dari JDIH Batang di antaranya karena sarana pendukung yang lengkap, seperti telah tersedianya perpustakaan yang berisi segala macam produk hukumnya.

“Masyarakat hingga pelosok desa sudah bisa mengakses aplikasi JDIH Kabupaten Batang, melalui android. Kalau dibuka menunya di situ akan muncul produk-produk hukum yang dihasilkan,” terangnya.

Walaupun kemudahan akses teknologi ada digenggaman, namun bagi masyarakat yang ingin berkunjung langsung ke Bagian Hukum, tetap dipersilakan karena telah disiapkan aplikasi untuk memudahkan pelayanan.

“Kami sediakan perangkat monitor di pintu masuk, masyarakat maupun adik-adik mahasiswa bisa membuka aplikasi yang sudah disediakan,” bebernya.

Hingga saat ini JDIH Batang mayoritas dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk keperluan skripsi atau warga yang sedang menyusun tesis. Hal itu dikarenakan mereka membutuhkan referensi terkait hukum.

“Biasanya soal data-data, bahkan ada juga yang sampai berkonsultasi langsung, tapi tetap kami layani, meskipun semua sudah memanfaatkan kecanggihan teknologi,” ujarnya.

Ia mengharapkan, prestasi yang telah diraih di tingkat Provinsi Jawa Tengah, nantinya dapat meningkat hingga kancah nasional.

“Semoga prestasi ini bisa memacu teman-teman kami untuk lebih berinovasi, karena tiap tahun pasti kabupaten/kota lain makin kreatif,” tandasnya. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00