Tingkatkan Pelayanan, Rutan Batang Luncurkan SILABA

KBRN, Batang : Untuk meningkatkan efektivitas pelayanan bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rutan Batang melaunching beragam layanan yang terintegrasi.

Beberapa layanan telah terangkum seluruhnya dalam satu layanan yakni Sistem Layanan Informasi Lapas Batang (SILABA) dan telah dilauncing langsung oleh Pelaksana Tugas Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Supriyanto dan Wakil Bupati Batang Suyono.

Aplikasi tersebut berisi informasi kunjungan online, integrasi, bantuan hukum, pengaduan dan indeks kepuasan masyarakat yang saat ini sudah bisa diunduh melalui playstore.

“Aplikasi yang termasuk di dalamnya antara lain Layanan Penitipan Barang dan Brizi (LATIBARIZ) yang merupakan pengembangan layanan yang didukung oleh BRI Batang. Manfaatnya bisa mengefektifkan layanan, masyarakat tidak perlu berkerumun,” ungkap Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana, Senin (30/8/2021).

Layanan lainnya, Sistem Tempel Jempol Pendaftaran Integrasi dan Santri (SITEMPOL PISAN) merupakan pengembangan aplikasi untuk memudahkan WBP mengetahui seberapa lama waktu keberadaannya dalam Rutan dan pengurusan pembebasan bersyarat. Termasuk pendaftaran santri, karena aktivitas di Blok Santri dalam sepekan sangat padat.

“SITEMPOL dapat membantu untuk mengetahui kapan mereka bebas dan segala persyaratannya,” terangnya.

Layanan lain di bidang kesehatan, Rutan Batang membuat alat terapi Nebulizer.

“Terapi uap ini bisa melegakan nafas, bagi yang terserang flu dan lainnya. Minyak aroma terapinya memanfaatkan hasil dari Pokmas Bapas Purwokerto, berupa minyak sereh wangi, kalau energinya berasal dari biodegester atau limbah dari teman-teman WBP,” bebernya.

Pelaksana Tugas Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Supriyanto mengatakan, berbagai aplikasi yang baru saja dilaunching, merupakan bentuk pelayanan prima Rutan Batang kepada masyarakat.

“Contohnya dengan SITEMPOL ini mereka bisa melihat langsung kapan waktu bebasnya.  Bisa juga yang ingin melihat apakah mendapatkan remisi atau tidak,” ujarnya.

Untuk terapi uap pun merupakan bentuk kreativitas agar WBP terjaga kesehatannya, terlebih suasana saat ini masih pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Batang Suyono mengapresiasi setinggi-tingginya atas beragam inovasi yang dilakukan oleh Rutan Batang.

“Sebentar lagi menuju Lapas Batang, ini luar biasa karena memudahkan semua pihak, bahkan menjaga integritas juga suasana di dalam sangat asri,” sanjungnya.

WBP-nya bersih-bersih dan semuanya terawat. Ini menunjukkan itikad perubahan Kemenkumham dalam melayani teman-teman WBP.

“Hari ini juga bisa disaksikan berbagai layanan, ada Drive Thru LATIBARIZ, hingga terapi uap, untuk menjaga imunitas. Semoga menjadi teladan bagi Rutan lainnya, yang belum  optimal dalam memberikan layanan,” tandasnya. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00