Generasi Milenial Dituntut Kuasai Empat Pilar Digital

KBRN, Batang : Kemajuan teknologi era 4.0 dan pandemi yang belum usai dapat dipastikan semua aktivitas generasi milenial berkutat pada media online. Kementerian Kominfo RI melalui kegiatan Gerakan Nasional Literasi Digital, menuntut agar kaum milenial piawai menguasai empat pilar utama dalam dunia digital.

Kegiatan webinar literasi digelar di seluruh nusantara sejak bulan Juni - Desember 2021. Dan untuk Kabupaten Batang dalam sepekan, kegiatan tersebut dilaksanakan tiap hari Senin dan Rabu.

Dalam satu bulan diberikan kesempatan untuk memberikan sembilan event yang dapat diikuti seluruh kalangan.

“Pengetahuan dan wawasan digital ini penting untuk masyarakat Batang. Masyarakat diupayakan mampu menguasai 4 pilar digital yakni mengetahui metode pembuatan konten-konten sesuai asas Pancasila, memiliki kecakapan menggunakan teknologi, mampu memanfaatkan media sosial dengan etika yang baik dan memahami keamanan saat berada di media sosial,” beber Koordinator Daerah Batang Webinar Literasi, Eva Rofiqoh, saat dihubungi melalui WhattsApp, Senin (2/8/2021).

Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Batang karena memberikan dukungan penuh terhadap program nasional tersebut.

“Alhamdulillah Bupati Wihaji dan Wakil Bupati Suyono berkenan untuk menjadi narasumber utama dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Dijelaskan, program Literasi Digital dapat dijangkau oleh seluruh kalangan atas, menengah maupun bawah di Kabupaten Batang.

“Di kalangan bawah, kami sudah merambah hingga ke kancah desa karena sudah menjalin komunikasi dengan Dispermades, Dinas Sosial, Disperpuska dan Disparpora. Sambutan mereka sangat baik dan turut serta mendukung kegiatan yang luar biasa ini,” tegasnya.

Ditemui secara terpisah, Wakil Bupati Suyono menanggapi positif kegiatan literasi digital. Masyarakat di era 4.0 harus mampu menyesuaikan diri dengan teknologi yang makin maju.

“Sebagian masyarakat masih ada yang sulit beradaptasi dengan teknologi digital, karena sumber daya manusia (SDM) yang belum bisa maju secara maksimal,” ujarnya.

Ia menegaskan, indeks prestasi di Kabupaten Batang masih didominasi lulusan SMP. Namun Pemkab berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkannya, dengan mengarahkan anak usia sekolah agar menyelesaikan pendidikannya hingga tingkat SMA.

“SDM itulah yang harus kita menangkan, siapa yang memenangkan, ya siapa saja yang mau,” tandasnya. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00