Bupati Batang Resmikan Laboratorium Administrasi Pemerintah Desa

KBRN, Batang : Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Batang meresmikan Laboratorium administrasi pemerintah desa di Ruang Laboratorium Dispermades, Kabupaten Batang, Kamis (27/5/2021).

Bupati Batang Wihaji mengatakan, ini adalah inisiasi dari Kepala Dispermades Kabupaten Batang yang membuat sebuah sistem baru dengan mengadobsi aturan-aturan kita sebut saja dengan laboratorium administrasi pemerintah desa.

“Laboratorium administrasi pemerintah desa yang berfungsi sebagai alat komunikasi dan mengecek agar dikemudian hari tidak ada masalah, jadi kita dapat melihat laporan-laporan administrasi yang benar atau salah sesuai aturan Permendes yang kemudian kita lahirkan Perbub,” jelasnya.

Dia menjelaskan, lokasi ini juga bisa menjadi tempat riset yang tujuannya memperbaiki administrasi pemerintah desa. Jika mengatakan ada masalah, pasti ada meskipun hanya satu atau dua saja. Sebab, pihaknya akan menyempurnakan agar lebih baik administrasi pada tingkat pemerintah desa.

“Laboratorium administrasi pemerintah desa jadi dapat tempat mengontrol, jika nanti ada pertanggung jawaban dari pemerintah desa maka akan kita ingatkan dengan ini,” ungkapnya.

Kepala Dispermades Kabupaten Batang Agung Wisnu Barata menyampaikan, laboratorium administrasi pemerintah desa mempunyai tiga ruh, di antaranya untuk proses konsuling dan faktor penelitian.

"Keinginan saya, aparat pemerintah desa adanya laboratorium administrasi pemerintah desa dapat menjadi lebih professional, pintar dan cerdas," katanya.

Deskripsi dari tempat ini adalah tempat pembelajaran konsultasi dan penelitian di bidang administrasi pemerintah desa, suasana tempatnya saja kita samakan dengan nuansa asli kultur desa.

"Agar kami tahu asal-usul darimana tetapi harus mulai modern dengan perkembangan jaman," ujarnya. (MC Batang, Jateng/Roza)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00