BLT Buruh Rokok Dari Dana Bagi Hasil Cukai Mulai Dibagikan

KBRN, Kudus : Setelah proses cukup panjang, akhirnya buruh rokok di Kabupaten Kudus menerima bantuan langsung tunai (BLT) bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Kabupaten Kudus. Total ada 39.417 orang buruh rokok yang akan mendapatkan bantuan tersebut mulai hari ini. Di mana pada tahap pertama pencairan BLT ini, setiap penerima menerima Rp 600 ribu. Kalkulasi dari dua bulan penerimaan bantuan.

Bupati Kudus HM Hartopo secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut kepada buruh rokok di Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) Kudus di Desa Megawon, Kecamatan Jati, Jumat (12/8/2022) pagi.

Hartopo mengaku, pemberian BLT DBHCHT kabupaten ini cukup jauh jaraknya dari pencairan BLT DBHCHT provinsi. Sebab proses verifikasi dan sinkronisasi penerima yang memakan waktu lama.

"Jadi hari ini kita menyerahkan BLT secara simbolis. BLT dua bulan, Juni Juli kita rapel jadi satu. Jadi setiap penerima mendapatkan Rp 600 ribu," kata Hartopo yang didampingi kepala Dinas Sosial P3AP2KB, perwakilan Bank Jateng, serta perwakilan dari seluruh penyewa di KIHT Kudus.

Dalam penyalurannya nanti, menurut Hartopo semuanya akan dibagikan secara langsung. Pihaknya berharap, selama proses pembagian semuanya berjalan dengan lancar. Tidak ada yang terlewat satu pun.

"Harapannya dengan bantuan ini bisa meningkatkan daya beli masyarakat. Mudah-mudahan pembagian ini bisa clear dan semuanya merata," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Kudus Agung Karyanto mengungkapkan pembagian BLT DBHCHT kabupaten ini menyasar 39.417 penerima dari seluruh buruh rokok di Kudus. Di mana mulai disalurkan hari ini. Sedangkan untuk BLT DBHCHT provinsi sudah dilakukan sejak 28 Juli 2022 lalu.

"Provinsi memang sudah dulu, ada 24.795 penerima BLT provinsi di Kudus. Sudah dibagikan semua," katanya.

Untuk hari ini kata Agung, BLT DBHCHT kabupaten tahap pertama dulu yang dibagikan. Sementara untuk tahap kedua, yakni bulan Agustus dan September rencananya akan dibagikan pada bulan September 2022. (RK) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar